Mengatasi Bayi yang Kelelahan dan Susah Tidur

DokterSehat.Com– Terkadang bayi bisa keasyikan dalam bermain hingga akhirnya mengalami kelelahan. Yang menjadi masalah adalah, bukannya akan membuat mereka mudah tertidur, kelelahan ini justru bisa membuat bayi cenderung lebih rewel dan susah tidur. Pakar kesehatan sendiri menyebut kondisi bayi yang kelelahan ini sebagai bayi yang overtired.

doktersehat-bayi-rewel-nangis-sakit-perut-demam-flu

Penyebab dari tubuh bayi yang overtired ini adalah kondisi bayi yang sebenarnya sudah lelah namun tubuhnya tidak dalam kondisi siap untuk tidur. Hal ini akan membuat tubuhnya segera mengeluarkan sistem respons stress. Alhasil, bayi pun mengeluarkan hormon stress layaknya kortisol dan adrenalin yang membuatnya lebih rewel dan susah untuk rileks atau tenang. Semakin lelah bayi, semakin gelisah pula mereka dan hal ini akan membuat bayi semakin menangis dan tak kunjung tidur.

Ciri dari bayi yang kelelahan ini adalah sebagai berikut:

  • Cenderung menggosok muka atau wajahnya berulang-ulang.
  • Memilih untuk memalingkan mukanya saat dicoba untuk dihibur atau distimulasi.
  • Kerap menguap, bersin, atau cegukan.
  • Lebih rewel, lebih berisik, dan sering merintih. Bahkan meskipun sudah berusaha untuk digendong orang tua.

Untuk mengatasi bayi yang kelelahan ini agar bisa segera tidur, orang tua sebaiknya segera menggendongnya hingga bayi tenang. Jika perlu, berilah bayi makanan atau ASI. Saat menggendongnya, pastikan untuk membelai punggung atau kepalanya agar bayi menjadi lebih tenang. Selain itu, putar lagu yang bisa menenangkan bayi seperti lagu klasik. Jika bayi kelelahan dan rewel di malam hari, redupkan lampu di kamar tidur bayi agar anak lebih mudah mengantuk dan tertidur.