Mengatasi Ambeien Pada Ibu hamil

DokterSehat.Com – Wasir atau ambeien (hemmoroid) umum terjadi pada Ibu hamil, walaupun tidak semua Ibu hamil mengalaminya namun ambeien akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman, dan menggangu selama masa kehamilan. Namun bagi bumil tidak perlu cemas bila gejala wasir datang seperti; sembelit, buang air besar terasa keras dan susah. Apalagi sampai timbul perasaan terlalu khawatir apabila ambeien tersebut dapat menyebabkan keguguran pada janin akibat sering mengedan.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Wasir atau juga ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus. Peradangan ini menyebabkan pelebaran pembuluh vena. Akibat peradangan tersebut juga apabila terjadi gesekan maka akan menimbulkan rasa sakit. Awal terjadinya penyakit wasir ini biasanya terjadi karena penyakit sembelit yang sudah menahun yang mengakibatkan mengejan setiap kali buang air besar.

Peregangan ketika mengejan inilah yang kadang-kadang menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah di sekitar anus, hingga terjadi perdarahan. Mengalami wasir selama hamil, mengakibatkan rasa gatal, perih di sekitar area anus, atau bahkan pendarahan pada saat buang air besar.

Sembelit pada ibu hamil bisa terjadi karena kekurangan asupan zat besi yang cukup tinggi selama hamil. Kekurangan besi menyebabkan darah cenderung menggumpal sehingga meningkatkan penyumbatan pembuluh darah perifer tidak terkecuali pembuluh sekitar anus. Tentu saja zat besi penting untuk calon ibu agar terhindar dari risiko anemia. Untuk mengatasinya perbanyak makanan serat dan air putih.

Perubahan hormon dalam tubuh dalam masa kehamilan juga meningkatkan resiko sembelit pada ibu hamil. Kadar hormon progesteron meningkat untuk memperkuat atau menahan janin di dalam rahim. Di waktu yang sama, hormon tersebut menghambat gerak peristaltik otot pencernaan yang diperlukan agar perjalanan makanan dari saluran pencernaan hingga saluran pembuangan berjalan lancar.

Baca Juga:  Sensasi Terikat Di Kepala? Tanda Tumor Otakkah?

Seiring dengan usia kehamilan, janin dan rahim pun akan ikut membesar yang mengakibatkan terjadinya tekanan pada rongga perut dan panggul. Beban janin dan dirinya sendiri menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan, sehingga dorongan sedikit saja pada bagian anus akan menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya pecah lantas menjadi wasir.

Berikut tips aman mengatasi wasir pada ibu hamil secara alami:

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran.
  2. Minumlah air putih minimal 2 liter/ hari, atau sekitar 8 gelas perhari.
  3. Biasakan untuk tidak menahan buang air besar. Buang air besar secara rutin, dan teratur pada waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari.
  4. Minumlah yoghurt atau susu fermentasi yang dapat merangsang kerja usus agar lebih aktif. Jumlah konsumsi saat hamil dapat Anda konsultasikan dengan dokter gizi.
  5. Lakukan aktivitas untuk ibu hamil yang dianjurkan seperti; jalan santai, renang atau olahraga ringan lainya yang sesuai dengan ibu hamil. Gerakan yang Anda lakukan ini diharapkan dapat membantu otot-otot di saluran pencernaan untuk bergerak mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.
  6. Hindari mengejan ketika buang air besar saat hamil. Dengan tidak mengejan, ini berarti kemungkinan terjadinya pembengkakan maupun peradangan pada pembuluh-pembuluh darah di daerah anus bisa diperkecil.