Mengapa Yoga Sangat Disarankan Bagi Ibu Hamil?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika yoga adalah salah satu olahraga yang bisa memberikan banyak sekali kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, ibu hamil juga bisa mendapatkan kebaikan dari olahraga yang dianggap mampu menjaga kesehatan fisik dan pikiran ini. Instruktur yoga bernama Rina Almanda menyebutkan jika gerakan yoga yang menekankan pada pengendalian pernafasan, rileks, dan menghilangkan berbagai kepenatan ternyata juga bisa memberikan energi positif bagi kandungan.

doktersehat-senam-hamil

Rina menyebutkan jika yoga memang akan membuat pikiran, jiwa, dan tubuh dari ibu hamil menyatu sehingga memberikan banyak sekali energi positif bagi bayi. Diharapkan, energi positif ini akan membuat bayi menjadi jauh lebih sehat dan membuat ibu memiliki mental yang jauh lebih siap dalam menghadapi proses persalinan nantinya. Latihan gerakan nafas dalam yoga juga diyakini akan membuat proses persalinan ibu nantinya akan lebih lancar. Bagaimana tidak, banyak wanita yang mengaku mengalami panik, sakit pada perut, hingga kelelahan karena melakukan proses persalinan yang memang bisa menguras pernafasannya.

Berbeda dengan gerakan yoga pada umumnya, gerakan yoga yang dilakukan oleh ibu hamil tentu haruslah yang lebih sederhana dan jauh lebih aman bagi kandungannya. Sebagai contoh, yoga bisa difokuskan pada peregangan yang akan membuat ibu lebih baik dalam mempersiapkan proses persalinan. Selain itu, ada pula gerakan ringan yang membangun bagian inti perut yang bisa membantu proses kontraksi saat persalinan, dan gerakan lain yang bisa mengatasi masalah nyeri pada punggung yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Rina berkata jika idealnya ibu hamil melakukan yoga saat usia kehamilan mencapai 24 hingga 36 minggu. Yoga sendiri bisa dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu dan bisa dilakukan 15 menit saja. Hanya saja, Ia menyarankan bagi ibu hamil untuk melakukannya dengan didampingi instruktur yoga agar olahraga ini aman untuk dilakukan.