Mengapa Warna Penis dan Puting Cenderung Lebih Gelap Dari Kulit?

DokterSehat.Com – Banyak pria yang terkadang keheranan mengapa warna penisnya cenderung jauh lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit lainnya, bahkan andai Ia cenderung memiliki warna kulit yang cerah. Hal ini tentu kontras dengan warna paha kebanyakan orang yang cenderung sangat cerah karena hampir selalu tertutupi sepanjang waktu. Apakah hal ini menandakan penis yang tidak sehat?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Pakar kesehatan Lindsey Bordone dari Columbia Universitas Medical Center, New York, Amerika Serikat, menuturkan jika gelapnya warna penis pada pria bukanlah tanda akan adanya kelainan maupun masalah kesehatan. Hal ini ternyata merupakan hal yang cukup normal terjadi oleh siapapun tanpa mengenal ras mengingat saat pria mulai mengalami fase pubertas, maka hormon seks dalam tubuhnya akan memicu perubahan pigmentasi kulit pada area penis. Selain pada penis pria, warna puting wanita juga bisa mengalami perubahan warna yang lebih gelap, yang juga mulai terjadi pada masa pubertas. Penyebab dari perubahan ini juga sama saja, yakni adanya perubahan hormon seks yang akhirmya memicu produksi asam amino yang disebut sebagai melanin yang bisa mengubah warna kulit pada bagian tubuh tertentu.

Hormon seks yang dimaksud adalah testosteron pada pria dan juga estrogen pada kaum wanita. Bagi kaum wanita sendiri, selain pada masa pubertas, mereka juga bisa mengalami perubahan hormon estrogen saat hamil sehingga akan terjadi sedikit perubahan pigmentasi pada kulit area wajah atau bahkan membentuk garis-garis hitam pada perut.

Selain karena faktor hormon, kecenderungan pria untuk selalu memakai celana setiap saat juga bisa memicu semakin gelapnya warna penis, apalagi jika celana dalam yang dipakai cenderung terlalu ketat yang tentu akan membuat area penis dan paha dalam semakin sering mengalami gesekan saat bergerak. Gesekan inilah yang pada akhirnya membuat penis dan paha dalam menjadi lebih gelap daripada area lainnya.

Baca Juga:  Bahaya Infeksi Mycoplasma Pada Pria

Meskipun secara umum gelapnya warna penis dan puting ini adalah hal yang wajar, kita tetap harus waspada karena bisa jadi warna gelap ini terjadi di sekitar selangkangan dan sekitarnya dan terjadi karena tingginya kadar gula yang sangat tinggi. Oleh karena itu, jika kita menemukan warna gelap yang tidak wajar pada tubuh, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi hal ini terjadi karena adanya diabetes.