Mengapa Wanita Sebaiknya Tidak Merokok?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebiasaan merokok sangatlah tidak baik bagi siapapun baik pria maupun wanita. Berbagai dampak buruk yang ditawarkan dari kebiasaan merokok layaknya terkena penyakit jantung, kerusakan pada paru-paru, atau bahkan kerusakan otak bisa terjadi. Bagi kaum pria, rokok bisa menyebabkan turunnya fungsi organ seksualitas yang tentu akan berdampak buruk bagi keharmonisan rumah tangga. Sebaliknya, bagi kaum hawa, rokok juga akan memberikan dampak buruk yang beragam bagi kesehatan layaknya sebagai berikut.

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Selain bagi kesehatan organ-organ tubuh, kebiasaan merokok ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kecantikan kaum hawa. Padahal, banyak wanita yang memilih untuk merokok karena ingin menghilangkan beban stress yang didapatkan dari aktifitas atau kesibukan hariannya. Sebagai contoh, rokok bisa secara efektif akan membuat kantung mata akan muncul dan membuat penampilan kaum hawa terlihat jauh lebih lelah dan tidak pernah terasa cerah. Selain itu, merokok juga diyakini mampu membuat penuaan dini muncul pada wajah wanita. Beberapa tanda penuaan dini layaknya merokok bahkan akan menjadi semakin banyak jika wanita adalah perokok berat. Sebuah penelitian menyebutkan jika wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan cenderung lebih tua rata-rata 1,4 tahun jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Hal ini dikarenakan kandungan rokok yang beracun akan membuat sirkulasi darah memburuk sehingga jaringan kulit pun akan kesulitan mendapatkan nutrisi yang menyehatkan.

Merokok diketahui bisa menyebabkan rambut wanita menjadi semakin menipis. Padahal, rambut adalah sebuah mahkota yang akan berpengaruh besar pada kecantikan dan tampilan wanita. Kandungan rokok yang sangat beracun akan membuat DNA follikel rambut mengalami kerusakan dan rokok yang kaya akan radikal bebas bisa memicu kerontokan dengan skala yang sangat besar. Bahkan, banyak kasus dimana kebiasaan merokok akan membuat rambut semakin beruban.

Baca Juga:  Ini yang Bisa Kita Lakukan Agar Tidak Mudah Terkena Flu Saat Traveling

Dengan adanya fakta-fakta di atas, kaum hawa memang sebaiknya menghentikan kebiasaan merokoknya jika ingin kecantikan tampilan dan kesehatannya bisa tetap terjaga. Selain berhenti merokok, gaya hidup yang jauh lebih sehat layaknya dengan istirahat yang cukup dan pola makan yang berimbang akan membuat kualitas kesehatan wanita pun akan jauh lebih baik.