Mengapa Wanita Mudah Marah dan Sensitif Saat Haid

DokterSehat.Com – Siklus menstruasi yang datang setiap bulannya adalah hal yang sangat normal terjadi pada wanita. Bahkan, banyak wanita yang cenderung cemas jika mereka mendapati siklus menstruasinya datang terlambat. Meskipun bisa memberikan efek buruk berupa rasa yang sakit pada perut, wanita memang berharap siklus menstruasi mereka berlangsung dengan lancar karena faktor kesehatan. Selain memberikan kram perut yang terkadang bisa sangat menyakitkan, wanita juga cenderung lebih sensitif dan lebih mudah marah saat siklus menstruasi tiba. Apakah sebenarnya yang terjadi pada wanita di saat siklus menstruasi?

doktersehat-sakit-perut

Secara ilmiah, pakar kesehatan masih belum benar-benar bisa menemukan ada kaitan apa antara emosi wanita yang tiba-tiba berubah menjadi labil saat siklus menstruasi tiba. Hanya saja, beberapa pakar kesehatan yang berpendapat jika labilnya emosi dan semakin mudahnya wanita marah sebelum atau saat proses menstruasi adalah karena rasa sakit yang terjadi akibat kram perut selama siklus ini terjadi. Selain sakit, wanita juga cenderung menjadi mudah lelah sehingga jika ada hal yang sedikit kurang mengenakkan, maka wanita akan mudah marah, mudah menangis, dan mudah kecewa.

Beberapa pakar kesehatan berkata jika wanita bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit saat siklus menstruasi tiba sehingga emosi yang labil pun akan jauh lebih mudah ditekan. Dikarenakan wanita cenderung mudah lelah dan didera rasa kram perut yang menyakitkan, ada baiknya wanita lebih sering beristirahat atau setidaknya tiduran hingga rasa sakit ini menurun. Selain itu, cobalah untuk mengatur pola makan yang bisa mengurangi gejala sakit saat siklus menstruasi tiba. Makanan-makanan berkafein, bersoda, daging merah, hingga makanan manis sebaiknya dihindari terlebih dahulu untuk mengurangi efek sakit dari siklus haid. Selain itu, cobalah untuk banyak mengkonsumsi makanan dari produk susu atau ikan yang kaya kalsium mengingat siklus haid juga akan menguras kadar kalsium dalam tubuh.

Baca Juga:  Ini Bahaya Lain Kurang Tidur Bagi Anda

Untuk mengurangi emosi yang labil pada wanita saat siklus tiba, wanita bisa melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang rutin ternyata bisa membuat mood menjadi jauh lebih baik dan mengurangi rasa sakit pada kram perut selama fase menstruasi. Tak pelu melakukan olahraga yang berat dan intens, anda juga bisa melakukan olahraga sederhana layaknya berjalan kaki yang bisa menurunkan emosi labil di kala menstruasi.