Mengapa Wanita Modern Lebih Susah Langsing?

DokterSehat.Com – Sebuah karya ilmiah terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity Research and Clinical Practice menemukan, orang yang hidup di dunia modern cenderung sulit menurunkan berat badan. Walaupun telah melakukan diet dan olahraga namun pola hidupnya tidak seperti 20-30 tahun yang lalu.

9674299540_f1a4484b88_b

Para peneliti berhipotesis, peningkatan paparan bahan kimia, penggunaan obat antidepresan dan perubahan bakteri usus karena pergeseran pola makan merupakan alasan atas kecenderungan kenaikan berat badan.

Laman News, Jumat (9/10/2015) melaporkan ada empat alasan yang mungkin memberikan alasan bagi Anda, mengapa sulit langsing di zaman modern :

• Makanan yang terlalu lama diproses
Perhatikan bagian makanan ringan di supermarket. Dua puluh tahun lalu, pemandangan seperti itu masih jarang. Konsumsi makanan olahan seperti nugget, sosis, dan camilan bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara bertahap.

Solusinya? Kurangi asupan makanan olahan dan memeriksa kalori dan karbohidrat di label makanan.

• Budaya minum kopi
Pada 1970-an dan 1980-an konsumsi kopi terasa istimewa karena jarang menggunakan susu dan gula. Namun saat ini pilihan menu kopi jadi lebih menggiurkan. Tanpa Anda sadar, secangkir latte ternyata memiliki 200-300 kalori. Hasilnya, berat badan kian meningkat.

Solusinya? Selalu memesan kopi dalam sloki atau cangkir kecil. Dan pilih teh atau kopi hitam bukan kopi dengan susu dan gula.

• Teknologi
Surel, gawai, media sosial dan berbagai pilihan hiburan membuat Anda duduk lebih lama. Padahal, semakin lama duduk, semakin sedikit pula kalori yang dibakar. Seiring waktu, tingkat metabolisme menurun dan penyakit bermunculan.

Solusinya? minimal banyak berjalan, berdiri serta batasi waktu Anda di media sosial dan menonton televisi.

• Makan lebih banyak
Mungkin karena dunia kuliner semakin dikenal dan banyak industri makanan yang semakin kreatif sehingga Anda begitu mencintai makan. Makanan yang dikemas menarik dan enak pun akhirnya membuat Anda tak sadar kalau sudah melewati batas porsi. Berat badan pun naik secara bertahap.

Baca Juga:  Keguguran dan Kafein - Sebuah Penelitian Baru

Solusinya? Makanlah hanya pada waktu makan. Atau coba catat seberapa sering makanan masuk mulut, Anda akan terkejut.

BACA JUGA : Stigma Tentang Gangguan Jiwa Yang Kurang Tepat