Mengapa Wanita Cenderung Lebih Susah Kurus?

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah mitos yang berkembang luas di masyarakat dimana wanita memang cenderung lebih susah kurus jika dibandingkan dengan pria. Banyak wanita yang mengeluhkan program diet mereka cenderung tidak memberikan dampak yang besar pada bentuk tubuhnya. Apakah memang benar jika wanita akan cenderung lebih sulit untuk menurunkan berat badan?

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada banyak sekali faktor yang menyebabkan wanita cenderung harus bekerja dengan keras untuk menurunkan berat badannya jika mengalami masalah berat badan. Secara biologis, wanita sendiri memiliki lemak yang memang lebih banyak jika dibandingkan dengan otot pada tubuhnya. Selain itu, jika kita mau mencermati, lemak akan sangat mudah ditemui pada bagian bawah tubuh mengingat lemak pada wanita ternyata memang cenderung akan menumpuk pada area tersebut. Berbeda dengan pria yang cenderung memiliki tumpukan lemak pada bagian atas tubuh, wanita bisa mengalami penumpukan lemak pada area paha, pinggang, atau bahkan perut yang cenderung cukup sulit untuk dihilangkan.

Tubuh wanita sendiri akan cenderung memiliki kerangka yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pria. Kerangka yang kecil akan membuat wanita akan lebih lama melepas panah tubuh dan membuat sistem metabolismenya pun jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pria. Selain itu, jika dibandingkan dengan pria, tubuh wanita yang tidak memiliki hormon testosteron sebanyak yang dimiliki pria ternyata juga memicu sulitnya menruunkan berat badan. Padahal, hormon testosteron inilah yang bisa membuat pria memproduksi otot-otot dan membuat berat badan mudah turun.

Selain karena faktor-faktor di atas, wanita juga memiliki siklus menstruasi setiap bulannya yang ikut memicu permasalahan ketidakseimbangan hormon dan metabolisme yang tentu akan membuat penurunan berat badan menjadi hal yang sulit dilakukan. Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyebutkan jika wanita ingin menurunkan berat badannya, maka mereka harus siap untuk melakukan diet dan pola makan sehat dalam jangka waktu yang cukup panjang dan disertai dengan olahraga yang rutin dilakukan setiap hari.