Mengapa Wanita Cenderung Lebih Mudah Terkena Migrain?

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang tidak mengenakkan bagi kaum hawa dimana kaum hawa ternyata empat kali memiliki resiko lebih besar jika dibandingkan dengan pria. Karena adanya fakta inilah, pakar kesehatan pun menyarankan agar kaum hawa lebih waspada dengan penyakit ini dan andai terkena serangan migrain, diharapkan bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai. Sebenarnya, mengapa wanita cenderung lebih mudah terkena migrain jika dibandingkan dengan kaum pria?

shutterstock_328176542 copy

Dari penelitian yang melibatkan setidaknya 114 wanita yang pernah mengeluhkan migrain dan 223 wanita lainnya yang belum pernah terserang migrain. Para partisipan penelitian ini diminta untuk mengisi catatan harian tentang serangan sakit kepala atau migrain yang dialami dan pakar kesehatan pun meneliti data hormon dan juga sampel air seni yang terjadi saat para wanita ini mengalami siklus menstruasi. Dari penelitian yang berlangsung selama satu tahun ini, diketahui bahwa kaitan erat antara hormon dan juga penyakit migrain. Seringkali perubahan kadar hormon ini terjadi saat wanita akan menjelang haid.

Hasil dari penelitian ini adalah wanita yang kerap diserang migrain akan cenderung mengalami kenaikan hormon estrogen yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah terserang migrain. Fluktuasi dari kadar hormon estrogen di dalam tubuh sebagian kaum wanitalah yang membuat mereka rentan terkena migrain jika dibandingkan dengan pria.

Penelitian tentang migrain lainnya juga menemukan fakta mengejutkan dimana wanita yang sering terserang migrain memiliki resiko tinggi terkena penyakit berbahaya layaknya stroke hingga serangan jantung. Sayangnya, karena penyakit yang bisa menyembuhkan migrain secara total masih belum ditemukan hingga saat ini, ada baiknya kaum hawa lebih pandai menata gaya hidup yang sehat agar bisa menghindari pemicu migrain.