Mengapa Vitamin C Identik Dengan Rasa Asam?

doktersehat-buah-jeruk-peras

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, makanan-makanan yang dianggap memiliki kandungan vitamin C tinggi cenderung memiliki rasa asam. Bahkan, beberapa jenis suplemen vitamin C juga memiliki rasa ini. Apakah memang vitamin C memang rasanya asam atau hanya karena kebetulan saja?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa vitamin C memang secara kimiawi memiliki sifat asam. Nama kimia asamnya adalah askorbat dengan tingkat keasaman atau pH antara 2 dan 4. Sebagai informasi, dari skala 1 hingga 15, tingkat pH 7 dianggap sebagai angka yang seimbang atau netral dan nilai pH yang lebih rendah dari angka tersebut menandakan semakin asam pula sifat suatu zat.

Karena sifatnya yang asam inilah, banyak orang yang cenderung kurang tertarik untuk mengkonsumsi suplemen vitamin C. Tak hanya tak tahan dengan rasa asam, sifat asam ini dikhawatirkan mampu menggerus gigi atau memicu gangguan asam lambung yang tentu akan membuat perut terasa perih, tidak nyaman, atau bahkan mual-mual.

Untungnya, kita sebenarnya tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin C yang memiliki rasa cenderung sangat asam. Konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C akan lebih aman untuk dilakukan karena rasanya tidak terlalu masam. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki rasa yang manis, seperti buah mangga atau jeruk yang manis misalnya. Konsumsi makanan sehat ini tentu tidak akan memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Mengingat vitamin C memiliki peran besar bagi berbagai sistem di dalam tubuh, khususnya sistem kekebalan tubuh yang mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya, ada baiknya kita memang rajin-rajin mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin C. Toh makanan sehat seperti sayur dan buah juga memiliki rasa yang enak dan berharga murah kok.