Mengapa Tubuh Kita Merasa Lebih Segar Setelah Pijat?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang sedang berada dalam kondisi yang tidak bugar atau mengalami kelelahan setelah melakukan banyak kegiatan akhirnya memilih untuk mendapatkan pemijatan. Dengan mendapatkan pijatan, kita bisa mendapatkan tubuh yang jauh lebih segar dan lebih sehat. Apakah benar pijatan bisa memberikan efek positif bagi kesehatan dengan begitu besar? Berikut adalah beberapa manfaat dari mendapatkan pijatan.

doktersehat-pijat-refleksi

Secara umum, pijatan ternyata bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga jika kita merasa kurang fit, sakit, atau bahkan kelelahan dan pegal-pegal maka tubuh pun akan menjadi lebih segar dan sehat. Selain itu, sistem imun tubuh juga akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peredaran darah yang semakin lancar ternyata bisa membuat kadar oksigen dalam darah semakin meningkat dan organ-organ dalam tubuh pun akan berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, sel darah putih pun akan menjadi lebih banyak sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Saat badan kita dipijat, tekanan darah juga akan menjadi lebih stabil. Jika kita melakukan pijat refleksi, reseptor tekanan pada otak pun akan menjadi terangsang dan membuat tekanan darah pun menjadi lebih diatur. Selain itu, pemijatan bisa memberikan efek tenang dan hormon-hormon stress yang banyak bermunculan karena kegiatan sehari-hari akan jauh menurun. Selain hilangnya rasa stress, pijatan juga diklaim mampu memberikan kebebasan dari rasa cemas yang berlebihan.

Saat badan kita dipijat, banyak rasa sakit yang melanda pada tubuh karena otot yang tegang, mengalami kram, atau bahkan kejam karena kelelahan atau faktor lain. Pemijatan akan membantu pelepasan dari hormon endorfin yang membuat rasa sakit itu hilang secara alami. Inilah mengapa banyak orang yang merasa badannya terasa lebih enak setelah dipijat. Selain rasa sakit pada otot, rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit arthritis atau bahkan osteoarthritis ternyata juga bisa diredakan dengan pemijatan yang teratur. Bahkan, beberapa pakar kesehatan berkata jika pemijatan bisa menjadi solusi bagi mereka yang mengalami rasa sakit akibat efek samping dari pengobatan penyakit kanker.

Baca Juga:  Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri Helicobacter Pylori