Mengapa Terkadang Wajah Kita Bisa Sangat Berminyak?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan masalah kulit berminyak yang sangat mengganggu penampilan wajah. Bagaimana tidak, kulit berminyak ini bisa memicu masalah kesehatan kulit layaknya komedo, jerawat, hingga membesarnya pori-pori. Bagi kaum hawa, masalah ini juga akan membuat mereka kesulitan untuk menggunakan make-up dengan merata. Sebenarnya, apa sajakah penyebab masalah kulit berminyak pada wajah?

doktersehat-sakit-gigi-minyak-cengkeh

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah kulit berminyak bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Andai kita memiliki masalah kulit ini, cobalah perhatikan apakah salah satu atau kedua orang tua kita memiliki masalah yang sama. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun disebabkan oleh faktor keturunan, masalah kulit berminyak ini bisa diatasi dengan memberikan perawatan pada kulit wajah.

Tahukah anda jika karena kita hidup di iklim tropis, maka kulit wajah kita cenderung lebih banyak memproduksi minyak alami. Selain itu, andai kita kerap melakukan aktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, maka secara alami wajah kita akan cenderung memproduksi minyak dengan jumlah yang lebih banyak. Karena alasan inilah kulit wajah kita cenderung memiliki kulit yang berminyak, lebih mudah kusam, dan tidak semulus kulit wajah masyarakat yang berada di negara-negara empat musim.

Pola makan sehari-hari juga bisa membuat kulit wajah kita cenderung semakin berminyak. Andai kita hobi mengkonsumsi makanan pedas, berlemak, dan juga gorengan, maka kulit wajah kita juga lebih mudah berminyak dan kusam.

Masalah kulit berminyak ternyata bisa disebabkan oleh kesalahan pemilihan make-up. Andai make-up yang digunakan tidak cocok dengan kondisi kulit, yang terjadi adalah kulit wajah bisa semakin berminyak dan beresiko mengalami masalah lainnya layaknya jerawat hingga ruam-ruam kemerahan. Karena alasan inilah kita harus berhati-hati dalam memilh produk make-up dan tidak mudah terpancing promo make-up murah karena bisa jadi kurang baik bagi kulit wajah kita.