Mengapa Terkadang Saat Bangun Tidur Kita Merasa Pusing?

DokterSehat.Com – Meskipun kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup, kadangkala kita bangun tidur dengan kepala pusing sehingga kita pun akan menjadi kurang bersemangat untuk melakukan banyak hal. Sebenarnya, apa sajakah penyebab kepala kita pusing tatkala bangun tidur?

doktersehat-pusing-kepala

Salah posisi tidur
Penyebab paling sering mengapa kita bisa mengalami pusing-pusing tatkala bangun tidur adalah karena salah posisi tidur. Andai hal ini terjadi, maka leher dan bahu akan mengalami tekanan berlebihan dalam waktu yang lama saat tidur. Tekanan berlebihan ini bisa memicu terhambatnya aliran darah dan akan membuat kepala jadi pusing saat bangun tidur.

Sakit kepala tegang
Sakit kepala tegang atau tension headache kerap dialami oleh orang dewasa. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah kegelisahan, depresi, dan juga stress. Biasanya sakit kepala ini sangat terasa andai kita baru bangun tidur dengan sensasi nyeri dan tegang pada kepala, otot leher, dan otot bahu.

Insomnia
Gangguan tidur insomnia ternyata bisa berpengaruh buruk bagi tekanan darah, keseimbangan hormon di dalam tubuh, dan juga stress. Kombinasi dari hal-hal tersebut ternyata bisa membuat kita mengalami sakit kepala di pagi hari. Biasanya, sensasi yang dirasakan saat bangun tidur adalah kepala yang terasa berat dan nyeri yang luar biasa.

Masalah gigi gemeretak saat tidur
Meskipun terlihat sepele, gigi gemeretak sangat tidur ini ternyata bisa berpengaruh buruk bagi otot-otot pada kepala, leher, dan bahu, sehingga pada akhirnya kita merasakan sakit kapala saat bangun tidur.

Masalah gula darah rendah
Tidur memang akan membuat kadar gula darah menurun, namun, bagi penderita diabetes, menurunnya kadar gula darah ini bisa memicu sakit kepala hipoglisemik pada saat bangun tidur. Selain itu, andai penderita migrain juga mengalami lapar dan penurunan gula darah, maka Ia juga akan merasakan sensasi pusing saat bangun tidur.