Mengapa Terkadang Mata Kita Terasa Ada yang Mengganjal?

DokterSehat.Com – Kadangkala, kita merasakan ada sesuatu yang mengganjal pada mata kita sehingga membuat mata pun terasa tidak nyaman. Memang, rasa mengganjal ini bisa kita abaikan begitu saja dan lambat laun akan menghilang. Namun, apa sebenarnya penyebab dari munculnya sensasi mengganjal pada mata ini?

doktersehat-tetes-mata

Pakar kesehatan mata dr. Endang Johani yang berasal dari rumah sakit Siloam Lippo Village Karawaci menyebutkan bahwa sensasi mengganjal pada mata kerap kali muncul saat kita mengalami masalah mata kering. Untuk mengatasi masalah mata kering sekaligus sensasi mengganjal ini, beliau pun menyarankan kita untuk menggunakan air mata buatan. Di pasaran, kita bisa menemukan berbagai jenis air mata buatan. Biasanya, setiap jenis air mata buatan ini disesuaikan dengan seberapa parah kondisi mata kering kita.

Tak hanya karena masalah mata kering, penyebab lain dari sensasi mengganjal pada mata adalah kondisi yang disebut sebagai lithiasis, kondisi yang menyebabkan kalsium tertimbun pada satu titik di kelopak mata bagian dalam. Biasanya, penyebab lithiasis ini adalah tidak sempurnanya metabolisme kalsium di dalam tubuh kita. Jika kalsium ini tidak bisa diserap secara sempurna pada tulang, maka kalsium ini akan mengendap di berbagai tempat, termasuk pada selaput bening mata di bagian dalam kelopak mata.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Zeiras Eka Djamal, SpM, yang berasal dari Jakarta Eye Center, menyebutkan bahwa sensasi mengganjal pada mata juga disebabkan oleh adanya bulu mata yang jatuh dan masuk ke dalam mata kita. Jika hal ini terjadi, maka pada permukaan mata akan muncul iritasi yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan sensasi mengganjal.

Menurut dr. Zeiras, andai setelah kita meneteskan air mata buatan pada mata ternyata sensasi mengganjal ini tak kunjung menghilang, maka ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter spesialis mata demi mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.