Mengapa Terkadang Lendir Anak Bertambah Saat Minum Susu Bubuk?

DokterSehat.Com – Terkadang anak mengalami batuk-batuk atau bertambahnya produksi lendir saat mengkonsumsi susu bubuk. Saat orang tua menemukan hal ini, mereka pun menjadi khawatir dan berpikir bahwa susu bubuk kurang baik bagi kesehatan anak. Sebenarnya, apa penyebab dari bertambahnya produksi lendir anak saat menkonsumsi susu bubuk?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan Dr. dr. Saptawati Bardosono, SpGK, MSc, menyebutkan bahwa bertambahnya produksi lendir atau batuk-batuk pada anak adalah mekanisme alami dari sistem pertahanan tubuh anak. Biasanya, hal ini muncul karena anak ternyata alergi dengan susu sapi. Jika hal ini yang terjadi, cobalah untuk mengganti susu dari bahan lainnya layaknya kedelai yang mungkin akan lebih aman bagi anak.

Sebagai informasi, alergi pada anak bisa menyebabkan beberapa gejala layaknya gatal-gatal pada tubuh, kulit yang berwarna merah, munculnya gangguan pernafasan, dan juga gangguan pencernaan. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, alergi susu sapi pada anak cenderung hilang dengan sendirinya saat usianya sudah mencapai tiga tahun. Sayangnya, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, alergi ini bisa berkembang hingga usianya dewasa menjadi alergi pada makanan laut atau bahkan menjadi asma.

Melihat adanya fakta ini, orang tua sebaiknya memperhatikan gejala alergi pada anak saat mengkonsumsi susu sapi. Jika saat kita memberikan susu dari bahan lain layaknya susu soya yang cenderung lebih bisa ditoleransi pada tubuh ternyata cocok bagi anak, maka kita bisa memberikan asupan susu tersebut terlebih dahulu alih-alih memaksakan diri memberikan anak susu sapi. Hanya saja, setelah usianya tiga tahun, cobalah untuk melihat apakah alergi ini masih ada atau tidak. Jika alergi ini masih ada, maka orang tua bisa berkonsultasi pada dokter tentang kondisi kesehatan anaknya.