Mengapa Terkadang Kita Tidak Jadi Bersin?

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat menyebalkan adalah saat hidung sudah terasa sangat gatal dan kita ingin segera bersin, namun tiba-tiba saja keinginan ini batal terjadi. Hidung biasanya akan terasa tidak nyaman untuk beberapa waktu. Sebenarnya, apa sih alasan dari tidak jadinya bersin ini?

doktersehat-alergi-bersin

Pakar kesehatan dr. Artono, SpTHT-KL(K) yang berasal dari Rumah Sakit Petrokimia Gresik dan Rumah Sakit PHC Surabaya menjelaskan bahwa bersin merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan hidung. Biasanya, bersin ini dipicu oleh rangsangan dari benda asing, reaksi alergi, hingga infeksi. Saat kita bersin, kita akan mengeluarkan berbagai benda yang dianggap asing dan kurang aman bagi kesehatan hidung kita sehingga setelah bersin, kita akan cenderung merasa lega dan nyaman pada hidung.

Lantas, mengapa terkadang kita tidak jadi bersin padahal hidung sudah cukup gatal dan menginginkannya? Menurut dr. Artono, hal ini disebabkan oleh stimulus pemicu bersin yang tidak cukup kuat. Sebagai contoh, hidung kita sudah terpapar zat yang bisa merangsang bersin layaknya bau atau suhu yang dingin. Namun, hal ini ternyata tidak cukup kuat untuk membuat kita jadi bersin. Apakah hal ini berbahaya? Dr. Artono berkata jika meskipun hidung terasa tidak nyaman karena tidak jadi bersin, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena sama sekali bukan pertanda adanya penyakit atau masalah kesehatan.

Selain tak jadi bersin, kita juga bersin hingga berkali-kali. Menurut dr. Artono, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini. Sebagai contoh, rangsangan cahaya atau yang disebut sebagai photic sneezing. Selain itu, ada sebagian orang yang bisa bersin hingga berkali-kali akibat dari munculnya rasa kenyang pada perut yang dalam dunia medis disebut sebagai snatitation.