Mengapa Terkadang Kita Sering Bersendawa Sepanjang Hari?

DokterSehat.Com – Bersendawa adalah salah satu mekanisme alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan gas yang ada dalam saluran pencernaan kita. Meskipun normal, bersendawa adalah salah satu hal yang tidak sopan untuk dilakukan di depan orang banyak sebagaimana andai kita mengeluarkan kentut. Hanya saja, kadangkala kita merasakan perut terasa tidak nyaman dan kembung sehingga sangat ingin mengeluarkan sendawa secara terus-menerus seharian. Apa yang menyebabkan sendawa ini bisa muncul secara terus-menerus?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Intoleransi pada beberapa jenis makanan
Pakar kesehatan gastroenterologis yang berasal dari Arizona Digestive Health bernama Paul Berggreen, M.D, menyebutkan jika penyebab pertama kita mudah bersendawa adalah karena kita sedang mengalami food intolarence atau adanya gejala alergi makanan. Sebagai contoh, sistem pencernaan kita kurang cocok dengan laktosa sehingga andai kita mengkonsumsi susu, perut akan cenderung tidak nyaman dan kerap mengeluarkan gas dari mulut.

Makan terlalu cepat
Kadangkala kita sedang terburu-buru sehingga kita makan dengan sangat cepat. Hal ini ternyata akan membuat kita menelan udara terlalu banyak sehingga di dalam perut akan ada banyak udara yang terjebak. Hal ini akan membuat sistem pencernaan kita terganggu, membuat perut menjadi tidak nyaman, dan kerap menimbulkan sendawa.

Mengalami masalah asam lambung
Tingginya kadar asam lambung pada perut ternyata bisa bisa menimbulkan banyak gas di dalam perut. Selain membuat kita kerap bersendawa, kita juga mengalami sensasi mual-mual yang sangat tidak nyaman.

Terkena pilek
Andai kita mengalami pilek, maka hidung kita akan tersumbat dan kita akan banyak bernafas melalui mulut. Hal ini ternyata bisa membuat kita menelan cukup banyak udara dan hal ini bisa memicu kita kerap bersendawa. Masalah pernafasan lain layaknya infeksi sinus juga bisa menyebabkan masalah ini.