Mengapa Terkadang Kita Merasa Gatal Pada Kaki Saat Berlari?

DokterSehat.Com – Rasa sakit biasanya akan muncul andai kita kembali berlari setelah sekian lama tidak melakukannya atau tiba-tiba saja mencoba berlari lebih jauh dari jarak yang biasanya kita tempuh. Tak hanya rasa sakit, beberapa orang merasakan sensasi gatal-gatal pada otot di sepanjang kaki yang akan membuat berlari kita menjadi tidak nyaman. Sebenarnya, apa sih penyebab munculnya sensasi gatal saat kita berlari?



Pakar olahraga Robert Hosey, MD, yang berasal dari Family and Community Medicine di Lexington, Inggris, menyebutkan jika dengan berolahraga, maka kita akan meningkatkan aktifitas pada jantung sehingga aliran darah di seluruh tubuh pun akan menjadi lebih cepat. Tak hanya itu, pembuluh darah arteri pada otot dan jutaan kapiler berukuran kecil juga mengalami pembesaran dengan cukup signifikan. Kapiler ini tetap dalam kondisi terbuka selama olahraga berlangsung dengan tujuan menopang tekanan darah dengan maksimal. Sayangnya, andai kita merasakan kelelahan saat melakukan aktifitas fisik, kapiler ini cenderung semakin meluas karena dilewati terlalu banyak darah. Meluasnya kapiler ini ternyata ikut menstrimulasi saraf-saraf yang ada di sekitarnya yang akan membuat sinyal ke otak dengan sensasi yang kita rasakan layaknya gatal-gatal.

Sensasi gatal ini memang kerap muncul saat kita baru saja berlari setelah sekian lama tidak melakukannya. Namun, andai kita sudah terbiasa kembali rutin berolahraga lari, maka sensasi gatal pada kaki tidak akan muncul kembali.

Selain munculnya sensasi gatal, ada beberapa hal yang bisa saja muncul andai kita berolahraga kembali setelah sekian lama tidak berolahraga. Sebagai contoh, muka kita bisa terlihat memerah, hingga munculnya bentol-bentol merah pada kaki yang juga terasa gatal. Pakar kesehatan menyebutkan jika andai gatal pada kaki tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan hal yang wajar, maka munculnya bentol-bentol merah, kram perut, kesulitan bernafas, hingga pembengkakan pada wajah dan lidah, haruslah diwaspadai karena bisa jadi ini adalah tanda dari alergi olahraga yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.