Mengapa Terkadang Kita Kerap Buang Air Kecil di Tengah Malam?

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat menjengkelkan tatkala kita sedang nyenyak-nyenyaknya tidur malam adalah andai kita ingin buang air kecil di tengah malam. Kadangkala, keinginan buang air kecil ini bahkan bisa muncul dua hingga tiga kali dalam semalam sehingga akan sangat mengganggu waktu tidur kita. Sebenarnya, apa sajakah penyebab terkadang kita ingin buang air kecil di tengah malam?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Banyak minum
Penyebab pertama dan paling umum munculnya rasa buang air kecil di tengah malam adalah karena kita terlalu banyak minum sebelum waktu tidur. Tak hanya konsumsi air putih, andai kita mengkonsumsi alkohol atau kopi di dekat waktu tidur, maka kita juga akan cenderung lebih mudah ingin buang air kecil karena kedua minuman tersebut bersifat diuretik atau membuat air seni lebih cepat keluar.

Konsumsi obat-obatan
Bagi beberapa orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang berkaitan dengan penyakit jantung atau ginjal, maka obat-obatan tersebut biasanya akan membuat kita lebih mudah buang air kecil di tengah malam.

Gangguan pada ginjal dan prostat
Andai ginjal mengalami gangguan fungsi, bisa jadi organ ini justru akan memproduksi air seni dengan jumlah yang lebih banyak saat tubuh sedang beristirahat. Selain itu, penurunan daya tampung kandung kemih juga bisa menjadi pemicu akan hal ini. Bagi kaum pria, andai mereka mengalami pembesaran prostat, maka prostat akan menekan kandung kemih dan bisa membuatnya sering buang air kecil di tengah malam.

Menopause
Bagi wanita yang sudah dalam fase menopause, maka tubuhnya akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen dengan signifikan sehingga akan membuat sistem saluran kencing lebih sensitif dan mengalami gangguan. Hal ini ternyata akan membuat wanita sulit menahan kencing dalam waktu lama dan kerap terbangun di tengah malam.