Mengapa Terkadang Kita Ingin Pipis Terus Menerus

DokterSehat.Com – Sebenarnya, pipis atau buang air kecil adalah mekanisme tubuh yang normal terjadi. Sayangnya, kadangkala kita merasakan hal yang aneh pada frekuensi buang air kecil kita yang meningkat dari normalnya, yakni lebih dari 8 kali dalam sehari. Beberapa orang mengaku hal ini membuat mereka merasa tidak nyaman karena harus pergi ke kamar mandi berkali-kali, bahkan andai mereka sebenarnya sedang tidur. Sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya apa sajakah penyebab dari keinginan pipis yang berlebihan ini?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan seseorang memiliki kandung kemih dengan ukuran yang kecil, yakni kurang dari ukuran normal yang sekitar 500ml. Kandung kemih sendiri adalah tempat dimana urin yang diproduksi oleh ginjal disimpan sementara sebelum dibuang. Karena ukurannya yang kecil ini, otomatis kandung kemih tidak akan mampu menahan urin terlalu banyak dan membuat kita sering buang air kecil. Kandung kemih yang terlalu aktif juga bisa memicu keinginan berlebihan untuk buang air kecil. Kondisi ini kerap terjadi pada wanita, khususnya yang sudah berusia lanjut.

Bisa jadi keinginan sering buang air kecil ini dikarenakan oleh infeksi saluran kemih atau bahkan adanya batu ginjal. Infeksi saluran kemih sendiri akan membuat kita kerap merasa ingin buang air kecil dan seringkali tidak tertahankan dan membuat rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Sementara itu, batu ginjal bisa memicu keinginan buang air kecil yang berlebihan sekaligus ikut memicu rasa sakit pada beberapa bagian tubuh.

Masalah kesehatan lain yang berpotensi menyebabkan kita memiliki keinginan berlebihan untuk buang air kecil adalah penyakit diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini terjadi karena tingginya kadar gula darah dimana hal ini akan membuat tubuh memproduksi urin dalam jumlah yang lebih banyak. Karena alasan inilah kita akan pipis lebih sering dari biasanya.