Mengapa Terkadang Kepala Kita Pening Saat Berolahraga?

DokterSehat.Com – Terkadang saat berolahraga, kepala kita tiba-tiba merasa pening dan bahkan mengalami sensasi layaknya hampir pingsan. Kita tentu bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Apakah hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang fit?

doktersehat-olahraga-lari-jogging-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa munculnya rasa pening saat berolahraga sebagai hal yang wajar. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang bekerja dengan keras saat membakar kalori. Tak hanya itu, saat berolahraga, kadar gula dalam darah, tekanan darah, dan juga pH dari tubuh juga mengalami penurunan dengan signifikan sehingga menimbulkan sensasi pening tersebut. Saat melakukan olahraga intensitas tinggi, otot-otot tubuh akan melepaskan asam laktat sehingga akhirnya menyebabkan darah menjadi lebih asam.

Jika kita tidak ingin merasakan pening di kepala atau bahkan sensasi hampir pingsan saat berolahraga akibat turunnya kadar gula dalam darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi makanan apapun dalam waktu tiga jam sebelum berolahraga. Mengapa harus tidak makan? Menurut pakar kesehatan, andai kita mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga, maka tubuh akan mengalami pelepasan insulin dengan tujuan untuk membuat sel-sel tubuh menyerap gula dari dalam darah. Hal ini justru membuat sel tubuh cenderung lebih sensitif pada insulin sehingga saat berolahraga, kita akan mengalami penurunan kadar gula dalam darah secara drastis dan pada akhirnya memicu sensasi pening tersebut.

Tak hanya menghindari konsumsi makanan, ada baiknya kita selalu menyediakan air putih yang bisa kita konsumsi kapanpun saat berolahraga sehingga mampu mencegah tubuh terkena dehidrasi. Sebagaimana kita ketahui, saat berolahraga, kita beresiko mengalami penurunan cairan tubuh yang bisa membuat keseimbangan tubuh menurun dan membuat kita mudah lelah. Selain itu, ada baiknya kita selalu melakukan pendinginan setelah olahraga berakhir agar keseimbangan tubuh bisa kembali.