Mengapa Terkadang Bibir Terasa Gatal Setelah Memakai Lipstik?

DokterSehat.Com – Salah satu peralatan make-up yang cukup sering digunakan oleh wanita adalah lipstik. Dengan memakai lipstik, maka kaum hawa pun bisa membuat bibirnya menjadi lebih cantik dan menarik. Setiap orang tentu memiliki pilihan lipstiknya sendiri-sendiri, baik itu dalam hal warna, merek, atau bahkan kecocokannya dengan kondisi bibir. Banyak wanita yang mengaku jika beberapa jenis lipstick bisa memicu rasa gatal-gatal pada bibirnya setelah digunakan meskipun lipstik yang sama tidak akan menimbulkan gejala tersebut pada bibir orang lain. Sebenarnya, apa sih pemicu munculnya gatal-gatal pada bibir setelah kita memakai lipstik?

doktersehat-wanita-bibir-pecah-kering-chapped-lips-keriput

Pakar kesehatan ternyata menyebut kondisi munculnya rasa gatal pada bibir saat memakai lipstik tertentu sebagai cosmetic dermatitis. Kondisi ini terjadi karena bahan kimia dari kosmetik ini menjadi allergen atau pemicu alergi dan iritasi pada bibir. Andai kita tetap memaksakan untuk tetap menggunakan lipstik yang memicu gatal-gatal atau reaksi layaknya bibir kemerahan, dikhawatirkan gejala alergi yang muncul pada bibir kita menjadi lebih buruk, yakni pembengkakan atau bahkan sensasi terbakar pada bibir.

Pakar kesehatan menyebutkan jika bibir kita memang cukup rentan mengalami alergi andai terkena bahan-bahan tertentu layaknya zat pewarna, zat pewangi, hingga zat perasa yang tentu sangat mudah ditemui pada lipstik. Yang menjadi masalah adalah, meskipun lipstik tersebut berharga mahal, sama sekali tidak ada jaminan bibir kita akan terbebas dari alergi andai memang bibir kita tidak cocok dengan lipstik tersebut.

Lantas, bagaimana cara agar kita tidak mengalami gatal-gatal pada bibir setelah memakai lipstik? Mau tidak mau memang sebaiknya memakai produk kosmetik layaknya lipstik yang sudah kita pakai sekian lama dan tidak memicu alergi sama sekali. Jangan pernah melanjutkan penggunaan lipstik yang sudah pasti memicu gatal-gatal atau gejala alergi lainnya karena dikhawatirkan akan memperburuk alergi pada bibir kita.