Mengapa Terkadang Berhubungan Intim Bisa Membuat Rasa Sakit Bagi Wanita?

DokterSehat.Com – Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim adalah sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan sekaligus bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Sayangnya, ada beberapa wanita yang justru merasa hubungan intim sebagai hal yang kurang nyaman bagi tubuhnya dan bahkan bisa meicu rasa nyeri pada organ vitalnya. Ada apakah yang sebenarnya terjadi?

shutterstock_220201102 copy

Pakar kesehatan di bidang kehamilan dr. Deborah Coady, menyebutkan jika 12 hingga 16 persen wanita akan menganggap hubungan intim sebagai hal yang sangat menyakitkan untuk dilakukan. Penyebab dari masalah ini pun cukup bervariasi dimana biasanya wanita yang kekurangan pelumas pada organ vitalnya selama berhubungan intim akan membuat organ vitalnya terasa sakit saat dipenetrasi oleh pasangannya. Banyak wanita muda yang mengalami hal ini karena pemanasan sebelum berhubungan intim atau foreplay tidak dilakukan dengan maksimal sehingga organ vital pun belum benar-benar terlubrikasi dengan baik.

Rasa sakit yang dirasakan oleh wanita saat melakukan hubungan intim juga bisa disebabkan oleh wanita yang kerap melakukan bahan kimiawi untuk kebersihan organ vitalnya, khususnya sabun khusus wainta. Tidak semua wanita ternyata bisa menerima bahan kimia ini dan dikhawatirkan penggunaan sabun khusus ini akan memicu infeksi pada organ vital wanita dan membuatnya sakit saat dipenetrasi oleh pasangannya.

Infeksi pada saluran kemih ternyata juga bisa memicu rasa sakit pada organ vital wanita saat burhubungan intim dengan pasangannya. Ada kemungkinan munculnya infeksi pada saat berhubungan intim pada organ vital wanita. Biasanya, pasangan diminta untuk tidak melakukan hubungan intim sebelum infeksi ini benar-benar sembuh. Selain itu, masalah sepele layaknya rasa nyeri akibat naiknya asam lambung hingga perut yang kembung bisa mempengaruhi ketidaknyamanan organ vital saat berhubungan intim dengan pasangannya.