Mengapa Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang?

DokterSehat.Com – Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak percaya? Cobalah anda berkunjung ke kolam renang umum atau pemandian di akhir pekan. Hampir semua tempat tersebut pasti penuh sesak dengan banyaknya orang yang berenang atau sekadar bermain air. Berenang di kolam renang umum bisa memberikan resiko terkena penyakit menular layaknya penyakit kulit. Namun, pernahkah anda merasakan rasa sakit pada telinga sesaat setelah berenang? Apa yang sebenarnya terjadi pada telinga kita?

shutterstock_328176542 copy

Rasa sakit pada telinga setelah berenang sendiri bisa dibedakan menjadi dua yakni rasa sakit yang berada di bagian dalam telinga dan juga di bagian luar telinga. Kadang kala, rasa sakit internal dan eksternal ini bahkan bisa muncul bersamaan dan tentu saja akan membuat tubuh kita sangat tidak nyaman. Orang yang berenang beresiko memuat air masuk ke dalam lubang telinga dan air ini akan susah untuk keluar dengan sendirinya. Memang, air ini akan keluar setelah beberapa lama, namun, rasa sakit karena adanya air di dalam telinga ini tentu saja akan sangat tidak nyaman. Sementara itu, setelah berenang, kita juga bisa merasakan rasa sakit pada telinga luar yang disebut sebagai otitis eksternal. Jika kita berenang di tempat yang kurang bersih, maka akan ada banyak jamur dan bakteri yang menyerang bagian telinga sehingga membuat telinga terasa sangat sakit dan mengganggu.

Rasa sakit ini biasanya bisa kita rasakan saat kita menyentuh area telinga atau bahkan saat kita mengunyah makanan. Dalam beberapa kasus, rasa sakit ini disertai dengan rasa gatal-gatal yang hebat di bagian dalam atau luar telinga. Banyak orang yang melaporkan jika telinga bisa mengalami pembengkakan jika yang mengalami rasa sakit adalah bagian luar telinga. Bahkan, karena banyaknya jamur dan bakteri yang menyerang bagian luar telinga, rasa sakit ini bisa disertai dengan nanah.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Jika rasa sakit ini sangat mengganggu dan berlangsung lama, jangan ragu untuk segera mendatangi dokter ahli THT sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya, obat tetes telinga yang memiliki antibiotik dan juga kortikosteroid bisa mengatasi masalah ini. Kita tinggal meneteskan obat ini beberapa kali sehari dan rasa sakit pun berangsur-angsur menghilang.