Mengapa Sudut Bibir Kita Mudah Kering?

DokterSehat.Com – Masalah kulit kering adalah masalah kulit yang paling tidak disukai oleh semua orang. Bagaimana tidak, selain membuat kulit menjadi terasa sangat tidak nyaman, kulit kering juga akan membuat penampilan kulit kita menjadi seakan-akan tidak bersih dan terkesan jorok. Memang, kulit kering kerap kali terjadi di area tangan atau kaki dan kita bisa mengatasinya dengan memakai produk lotion tertentu. Namun, masalah kulit kering juga bisa terjadi pada sudut bibir kita dan hal ini akan membuat mulut terasa sangat tidak nyaman. Mengapa sudut bibir kita mudah untuk mengalami masalah kulit kering?

doktersehat-bibir-wajah-muka

Bibir yang mudah kering menjadi dilemma bagi kita. Bagaimana tidak, kita akan secara otomatis akan terus berusaha membasahi area bibir, khususnya pada bagian sudut dengan air liur. Alih-alih menjadi lebih basah, hal ini justru akan membuat bibir semakin kering atau bahkan terkelupas. Hal ini tentu akan membuat kita sangat tidak nyaman saat berbicara. Bahkan, makan dan minum juga akan semakin tidak nikmat.

Pakar kesehatan Audrey Kunin yang merupakan dermatologist yang berasal dari Derma Doctor menyebutkan jika kulit kering yang muncul pada bagian sudut bibir bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh, andai kita berada di area dengan suhu udara tertentu atau tempat dimana kelembabannya cenderung minimal, kita akan mengalami kulit kering pada sudut bibir. Namun, ada juga penyebab lain layaknya efek samping atau alergi pada obat-obatan tertentu hingga iritasi yang diakibatkan saat kita mengkonsumi buah jeruk.

Untuk mengatasinya, Kunin sama sekali tidak menyarankan kita untuk menjilatinya dengan air liur. Ada baiknya kita justru memakai pelembab bibir atau lip balm yang bisa membuat masalah bibir kering ini menjadi lebih baik. Hanya saja, andai bibir sudah membengkak atau bahkan berdarah, ada baiknya kita segera mendatangi dokter karena dikhawatirkan bibir sudah terkontaminasi bakteri yang bisa memberikan masalah kesehatan yang lebih buruk.