Mengapa Suara Bersin Setiap Orang Berbeda-Beda

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, ada sebagian orang yang saat bersin bisa mengeluarkan suara yang sangat keras sehingga bisa membuat orang-orang di sekitarnya terkejut. Namun, ada pula orang yang saat bersin cenderung bersuara lebih pelan dan tidak mengagetkan. Apa sebenarnya penyebab dari suara bersin yang berbeda-beda pada setiap orang ini?

doktersehat-alergi-bersin

Pakar kesehatan meneybutkan jika bersin adalah sebuah refleks alami yang dibuat oleh tubuh demi melindungi sistem pernafasan kita. Sebagai contoh, andai kita menghirup debu, binatang kecil, hingga serbuk sari yang dianggap sebagai hal yang berbahaya atau bisa memicu penyakit pada saluran pernafasan, maka hidung kita akan mengeluarkan reaksi layaknya tergelitiki dan membuat saraf menjadi lebih aktif dan segera membuang nafas dengan cepat dan energy yang cukup besar pada hidung dan mulut. Karena alasan inilah kita bisa mengeluarkan bersin.

Mengapa bersin pada setiap orang bisa mengeluarkan suara yang berbeda-beda? Ada banyak faktor yang mempengaruhi suara bersin ini. Sebagai contoh, kapasitas paru-paru setiap orang hingga seberapa banyak udara yang dihirup sesaat sebelum bersin bisa mempengaruhi keras tidaknya bersin kita. Hal ini berarti, andai kita cukup banyak menghirup udara sebelum bersin, maka suara bersin akan cenderung semakin besar dan mengagetkan.

Yang menarik adalah, saat kita berada di tempat umum, kita bisa mengendalikan suara bersin menjadi lebih pelan. Fakta ini didasarkan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 dimana 45 persen orang akan mengeluarkan bersin dengan suara yang berbeda dari biasanya andai mereka berada di tempat umum. Selain itu, 32 persen wanita akan berusaha untuk menahan bersin dan 32 persen pria justru melepaskan suara bersin mereka apa adanya sehingga bisa sangat keras. Alasan dari menahan bersin ini sendiri adalah tidak ingin mengganggu orang lain.