Mengapa Stress Bisa Memicu Masalah Pada Kehidupan Seksual? Ini Alasannya

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika kehidupan modern bisa memicu masalah stres pada manusia. Kita tentu sudah terbiasa melihat tumpukan dan tingkat tekanan pekerjaan yang tinggi, kebutuhan ekonomi yang mendesak, atau bahkan karena faktor kemacetan di perjalanan yang dialami setiap hari. Hal-hal tersebut ternyata bisa berpengaruh besar pada fisik hingga psikologis kita sehingga memicu stres yang sangat parah. Andai hal ini terjadi, kesehatan tubuh kita bisa menjadi ancaman. Bagi yang sudah menikah, stress yang berlebihan ini ternyata juga bisa menyebabkan masalah besar bagi kehidupan seksual. Apa sajakah masalah-masalah tersebut?

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Menurunkan libido
Tahukah anda jika stres yang berlebihan ternyata bisa menekan hormon seks layaknya hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria dengan signifikan? Andai hormon-hormon ini terus menerus tertekan oleh hormon stres yang disebut dengan kortisol, maka minat dan gairah untuk berhubungan intim pun menurun drastis dan kehidupan seksual tentu bisa terganggu.

Mengacaukan suasana hati
Hubungan intim yang baik sangat dipengaruhi oleh suasana hati yang tenang dan bahagia. Padahal, stres yang berlebihan bisa memicu kacaunya suasana hati yang tentu akan membuat masalah besar pada hubungan intim dengan pasangan.

Berdampak buruk pada tubuh dan kepercayaan diri
Tahukah anda hormon kortisol atau hormon stres ternyata bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara signifikan. Sebagai contoh, sistem metabolisme tubuh akan cenderung mengalami gangguan yang bisa memicu tubuh mudah mengalami kegemukan. Andai hal ini terjadi, kita bisa mengalami penurunan kepercayaan diri dan pada akhirnya menurunkan gairah untuk berhubungan intim dengan pasangan.

Bisa memicu konsumsi alkohol
Banyak orang yang melarikan diri dengan stres dengan cara yang salah, yakni dengan mengkonsumsi alkohol. Padahal, konsumsi alkohol secara berlebihan sudah terbukti bisa memicu masalah gangguan ereksi pada pria.