Mengapa Sinar UV Membuat Kulit Gelap Namun Membuat Warna Rambut Semakin Terang?

DokterSehat.Com – Jika kita mencermati, mereka yang kerap terpapar sinar matahari akan cenderung memiliki warna kulit yang lebih gelap, namun memiliki warna rambut yang terang atau cenderung kemerahan. Sebenarnya apa alasan dari berbedanya reaksi rambut dan kulit saat terkena sinar matahari?

rambut_merah_doktersehat

Pakar kesehatan sebenarnya berkata bahwa paparan sinar UV dari matahari akan membuat kerusakan pada jaringan kulit dan rambut. Kulit dan rambut sendiri ternyata memiliki melanin, semacam polimer berpigmen yang memiliki fungsi memberikan perlindungan pada keduanya. Melanin juga berfungsi sebagai pelindung sel DNA pada manusia yang dikenal cukup rapuh jika terpapar sinar ultraviolet. Hanya saja, kadar melanin pada rambut dan kulit ini lama-lama juga akan semakin menurun andai kulit atau rambut terpapar sinar matahari cukup sering dalam waktu yang lama.

Efek sinar ultraviolet pada rambut biasanya akan membuat warna rambut menjadi lebih terang dan kemerahan. Hal ini menandakan sel rambut sudah mati dan yang tersisa hanyalah lipid, pigmen, air dan juga protein struktural pada helai rambut. Sebelum digantikan oleh rambut baru yang akan tumbuh, warna rambut akan tetap terang. Sementera itu, efek sebaliknya justru terjadi pada kulit, yakni membuat warna kulit justru semakin gelap. Hal ini terjadi karena sel kulit cenderung lebih kuat dalam melawan paparan sinar ultraviolet sehingga secara otomatis akan meminta tubuh memproduksi sel melanin tambahan sebagai pelindung kulit. Hanya saja, karena banyaknya produksi sel melanin, maka sel-sel ini akan menyebar pada bagian bawah selaput epidermis kulit sehingga akan membuat warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Jika tidak ingin mendapatkan warna rambut yang lebih terang atau warna kulit yang lebih gelap meskipun kita kerap beraktifitas di luar ruangan, ada baiknya kita menggunakan pelindung layaknya topi, payung, jaket, atau bahkan tabir surya yang akan menjaga kesehatan kulit kita dengan baik.