Mengapa Setelah Menikah Pria Cenderung Mudah Gemuk?

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat adalah pria cenderung akan semakin gemuk setelah menikah. Jika sang pria semakin gemuk, hal ini berarti sang istri telah berhasil mengurus suaminya dengan baik sehingga sang pria bisa menjadi gemuk. Disamping rasa nyaman karena berbahagia dengan keluarga barunya, pria yang menggemuk setelah menikah ternyata juga disebabkan oleh beberapa sebab yang bisa dijelaskan secara ilmiah seperti sebagai berikut.

doktersehat-gendut-perut

Families, Systems and Health Journal mengkonfirmasikan sebuah hasil penelitian tentang mengapa pria yang sudah menikah cenderung menggemuk. Penelitian yang melibatkan setidaknya 2300 pria dewasa yang belum menikah dan sudah menikah ini memperlihatkan sebuah hasil yang sesuai dengan mitos di masyarakat, yakni pria cenderung akan menggemuk setelah menikah. Dalam riset tersebut, pria yang sudah menikah ternyata akan mengalami kenaikan berat badan hingga 25 persen khususnya jika dibandingkan dengan mereka yang masih melajang dalam durasi waktu yang sama. Bahkan, rata-rata pria yang sudah menikah bisa mengalami kenaikan hingga 4,5 kg dari berat badan mereka saat belum menikah dan cenderung lebih menggemuk lagi setelah menjadi ayah.

Mengapa pria cenderung menggemuk setelah menikah? Pakar kesehatan menemukan bahwa kadar testosteron pada pria yang sudah menikah, apalagi yang sudah memiliki anak ternyata mengalami penurunan yang signifikan. Disamping itu, kadar prolaktin pada tubuh pria justru cenderung meningkat saat sudah menikah. Hal ini berarti, hormon testosteron yang cenderung identik dengan libido akan terlampiaskan saat menikah sehingga pria pun cenderung lebih nyaman dan mengeluarkan kadar prolaktin yang lebih erat kaitannya dengan pengasuhan dengan kasih sayang.

Pria pun cenderung akan lebih membebaskan diri dan tidak terlalu berpikir banyak untuk makan atau minum sesuatu asalkan mereka bisa membuat keluarganya berbahagia. Dengan rasa nyaman dan bisa makan banyak makanan tanpa rasa was-was, pria yang sudah menikah pun cenderung akan lebih mudah menambah berat badan jika dibandingkan dengan pria lajang yang masih ingin menjaga diri sebaik mungkin agar tetap menarik bagi pasangan atau lawan jenis.