Mengapa Sebaiknya Tidak Makan Atau Minum Sambil Berdiri?

DokterSehat.Com – Orang tua kadang menasihati kita agar tidak mengkonsumsi makanan atau minum saat kita berdiri. Memang, kadang kala kita terlalu malas untuk mencari kursi andai makanan yang kita konsumsi hanyalah camilan kecil atau sekadar meminum satu gelas air minum. Toh, ada beberapa acara keluarga prasmanan yang juga membuat kita makan dan minum dengan berdiri, bukan? Well, selain berkaitan dengan etika dan kesopanan, khususnya jika di depan orang yang lebih tua, makan dan minum dengan berdiri ternyata memang kurang baik bagi kesehatan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-burger-junkfood-makan-kolesterol

Saat kita berdiri, tubuh melakukan usaha keras dalam menjaga keseimbangan dan kestabilan. Hal ini berarti, jika makan atau minum dengan posisi berdiri, tubuh tidak dalam kondisi yang rileks untuk melakukan proses pencernaan. Dalam beberapa kasus, dinding usus atau lambung bisa mengalami luka karena makanan dan minuman yang akan langsung membentur organ pencernaan. Selain itu, beberapa saraf yang berada di sekitar usus untuk mengendalikan proses pencernaan juga bisa mengalami kerusakan yang jika dibiarkan begitu saja, maka kita bisa mengalami pingsan atau bahkan kematian mendadak!

Pakar kesehatan menyebutkan jika proses pencernaan memang akan lebih baik bekerja jika kita berada dalam posisi duduk. Dengan makan atau minum dalam posisi duduk, proses pencernaan juga akan berjalan dengan lambat, perlahan-lahan, dan nutrisi pun akan diserap dengan sempurna. Jika kita sebagai contoh minum dengan berdiri, maka cairan pun akan langsung jatuh ke dasar dari saluran pencernaan layaknya lambung atau usus sehingga bisa menyebabkan masalah fungsi pencernaan ke depannya.

Dengan minum dalam posisi duduk, maka cairan yang kita konsumsi akan masih sempat disaring oleh semacan struktur berotot yang disebut sebagai sfringer sebelum diteruskan ke dalam sitem penyaringan pada organ ginjal. Jika kita berdiri, maka cairan yang kita minum tidak akan sempat disaring terlebih dahulu sehingga bisa memicu pengendapan berbagai limbah berbahaya yang ada pada ureter. Melihat adanya fakta-fakta iin, memang ada baiknya kita makan dan minum dengan kondisi duduk dan dalam kondisi tenang, bukan?