Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Berolahraga Dengan Perut Kosong?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika setelah bangun tidur kita bisa segera melakukan olahraga karena kondisi udara yang jauh lebih segar di waktu yang sangat pagi. Padahal, pakar kesehatan sama sekali tidak menyarankan untuk berolahraga dengan kondisi yang perut kosong. Kita bisa membuat perumpamaan dimana mobil yang membutuhkan bahan bakar untuk berjalan, maka tubuh yang akan segera melakukan aktifitas yang cukup berat berupa olahraga tentu juga membutuhkan energi yang didapatkan dari makanan. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang didapatkan jika kita berolahraga dengan perut yang kosong.

doktersehat-olahraga-lari

Dampak negatif yang pertama tentu saja adalah resiko untuk jatuh pingsan. Tahukah anda, di saat pagi hari, khususnya setelah bangun tidur kita memiliki kadar gula darah yang sangat rendah. Dengan kondisi ini, maka jika tubuh dipaksakan untuk berolahraga maka resiko untuk jatuh pingsan saat berolahraga pun cukup besar. Selain jatuh pingsan, resiko untuk mengalami kram juga akan sangat tinggi. Kondisi tubuh saat bangun pagi yang cenderung dehidrasi membuat kita akan merasa haus untuk mengatasi hal ini. Selain konsumsi cairan tubuh, beberapa jenis makanan juga diperlukan untuk mencegah munculnya kram otot.

Berolahraga dengan melewatkan waktu sarapan tentu membuat tubuh kita kekurangan energi. Kondisi ini akan membuat tubuh kita akan memakai mode ketosis atau kondisi dimana sistem metabolisme tubuh akan bergerak lebih lambat dengan tujuan lebih lama menyimpan energi. Memang, saat berolahraga akan tidak terasa lapar. Namun, setelah kita berolahraga, kita pun akan merasa sangat lapar dan pada akhirnya memakan makanan dengan sangat berlebihan yang tentu justru akan kurang baik bagi kesehatan, bukan? Selain itu, massa otot juga akan cenderung mudah menghilang karena tubuh akan memakai sumber karbohidrat dari massa otot ini untuk menjadi energi yang dipakai saat berolahraga.

Baca Juga:  Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Banyak orang yang memilih untuk tidak sarapan terlebih dahulu karena menghindari rasa mual atau kram perut saat berolahraga. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika asalkan kita mengkonsumsi makanan dan memberi jeda 30 menit hingga 1 jam sebelum mulai berolahraga, maka kita pun bisa mencegah rasa mual dan kram ini muncul saat berolahraga.