Mengapa Sebaiknya Kita Berkeramas Dengan Air Dingin?

DokterSehat.Com – Kadangkala tubuh kita merasa sangat lelah sehingga ingin mandi dengan air hangat agar bisa melepaskan rasa lelah tersebut dengan cepat. Memang, jika dibandingkan dengan mandi air dingin yang memberikan efek membersihkan dan menyegarkan, maka mandi dengan air hangat bisa memberikan terapi menghilangkan rasa lelah. Namun, untuk berkeramas, ada baiknya kita hanya memakai air dingin saja, tidak memakai air hangat. Mengapa sebaiknya kita berkeramas dengan air dingin? Berikut adalah alasannya.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Rambut Menjadi Lebih Rapi dan Lebih Sehat
Tahukah anda jika kita berkeramas dengan air hangat, maka kita akan beresiko membuat kulit kepala menjadi rusak mengingat air hangat akan menurunkan produksi minyak alami pada kulit kepala. Alhasil, jika kita berkeramas dengan air hangat, maka rambut kita akan cenderung menjadi lebih lepek dan sama sekali tidak rapi. Hal yang berbeda akan terjadi jika kita berkeramas dengan air dingin yang akan membuat rambut kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

Membuat Kutikula Rambut Tertutup
Kutikula rambut akan membuat rambut terlihat lebih sehat, lebat, dan bersinar. Namun, fungsi ini baru bisa didapatkan jika kutikula rambut ini tertutup. Untuk memastikannya, maka ada baiknya kita rutin berkeramas dengan air dingin, bukannya air hangat.

Melindungi Sebum Atau Minyak Alami Rambut
Minyak alami rambut memiliki fungsi utama untuk membuat rambut dan kulit kepala tetap terjaga kesehatannya. Dengan berkeramas dengan air hangat, kita justru akan membuat produksi minyak alami ini menurun sehingga rambut tidak akan terlindungi dengan baik dan pada akhirnya rambut akan rusak dan lebih kering. Berkeramas dengan air dingin justru akan membuat sebum lebih terlindungi sehingga rambut akan menjadi lebih kuat, lebih sehat, dan tidak mudah rontok.