Mengapa Saat Pilek Hanya Satu Lubang Hidung yang Mampet?

DokterSehat.Com – Di tengah musim hujan seperti sekarang ini, banyak dari kita yang terserang pilek. Meskipun dianggap sebagai penyakit yang ringan, dalam realitanya pilek akan sangat menyebalkan karena bisa membuat pernafasan kita menjadi lebih berat, kepala terasa mudah pusing, dan badan yang tidak nyaman. Jika kita jeli, ada hal yang unik tatkala pilek melanda, yakni hanya satu lubang hidung saja yang mampet. Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-influenza-sinus

Pakar kesehatan dari Australia bernama dr. Karl Kruszelnicki berkata bahwa fenomena mampetnya salah satu hidung tatkala kita pilek terjadi karena adanya siklus hidung. Di dalam hidung, ternyata ada jaringan yang bisa mengalami ereksi layaknya alat kelamin pria dan fungsi dari jaringan ini adalah mengendalikan beban aliran udara yang lewat pada setiap lubang hidung.

Menurut dr. Kruszelnicki, di dalam tubuh manusia terdapat tiga jaringan yang bisa mengalami ereksi, yakni penis, klitoris, dan jaringan di dalam hidung. Yang menarik adalah, siklus jaringan di dalam hidung ini bisa membuat satu sisi hidung membesar sementara satu sisi lainnya tetap dalam ukuran yang sama secara bergantian.

Saat kondisi tubuh sehat, tanpa kita sadari aliran udara yang melalui kedua lubang hidung ini tidak seimbang. Satu lubang biasanya akan mengalirkan udara lebih banyak dibandingkan lubang hidung lainnya yang sedang beristirahat. Adanya siklus ini sebenarnya adalah cara alami dari hidung kita untuk membagi tugas dalam mengalirkan udara sekaligus mendeteksi berbagai bau. Jika salah satu lubang hidung tersumbat oleh jaringan yang mengalami ereksi, maka lubang ini akan lebih baik dalam mencium bau karena aliran udara yang lewat lebih lambat.

Biasanya, siklus pergantian kinerja lubang hidung ini bervariasi pada setiap orang. Ada yang terjadi setiap 22 menit hingga setiap 90 menit. Karena alasan inilah terkadang saat pilek hidung yang mampet terjadi secara bergantian.