Mengapa Saat Gugup Kita Ingin Buang Air Kecil?

DokterSehat.Com– Terdapat beberapa momen yang akan membuat kita merasa gugup. Sebagai contoh, sebelum wawancara kerja, menunggu hasil ujian, bertemu dengan calon mertua, dan momen lainnya. Jika kita cermati, saat kita gugup pada momen-momen tersebut, kita memiliki keinginan berlebih untuk buang air kecil sehingga bisa bolak-balik ke kamar mandi. Apa penyebab dari munculnya keinginan buang air kecil ini?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Pakar kesehatan di bidang urologi dari University of California, Amerika Serikat, bernama dr. Tom Chi menyebutkan bahwa otot pada kandung kemih yang menampung urine normalnya berada dalam kondisi rileks. Salah satu otot di bagian tersebut, otot sphincter, berfungsi sebagai penutup agar urine tidak keluar sebelum kita benar-benar sedang dalam posisi siap untuk buang air kecil. Hanya saja, jika kita berada dalam keadaan, gugup, cemas, atau tegang, maka tubuh akan dipenuhi dengan hormon adrenalin yang membuat saraf sekaligus otot, termasuk otot sphincter ini menjadi lebih sensitif. Alhasil, meskipun jumlah urine dalam kandung kemih tidak terlalu banyak, otot yang lebih sensitif ini akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk segera membuangnya melalui buang air kecil.

Pakar kesehatan di bidang urologi lainnya, dr. Alan Wein yang berasal dari University of Pennsylvania menyebutkan bahwa tubuh yang stress bisa membuat sistem saraf pusat berfungsi dengan sensitifitas lebih tinggi dari normal. Hal inilah yang membuat saraf dekat dengan kandung kemih lebih cepat mengirimkan sinyal ingin buang air kecil pada tubuh meskipun jumlah urine tidak begitu banyak.