Mengapa Saat Cuaca Panas Sebaiknya Minum Minuman Panas?

DokterSehat.Com – Cuaca yang panas seakan-akan menjadi hal yang lumrah terjadi di Indonesia. Iklim tropis dan lembab memang membuat kita sangat terbiasa mengalami kondisi ini, khususnya di siang hari. Biasanya, kita akan mencari minuman yang dingin dan menyegarkan agar bisa membuat rasa dahaga akibat cuaca yang panas ini mereda. Sayangnya, pakar kesehatan justru berpikir sebaliknya. Jika kita ingin menghilangkan dahaga di tengah cuaca yang panas, kita justru disarankan untuk meminum minuman panas. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

Pakar kesehatan dari Loughborough University menyebutkan jika dengan mengkonsumsi minuman panas, kita akan lebih efektif meredakan rasa dahaga di tengah cauca yang panas. Hal ini terjadi karena saat kita meminum minuman panas, kita justru akan membuat suhu tubuh kita tetap stabil. Hal yang berkebalikan terjadi jika kita mengkonsumsi minuman dingin. Memang, ada rasa segar yang akan terasa di tenggorokan jika mengkonsumsinya di suhu yang panas, namun, suhu tubuh justru akan mengalami penurunan dan pada akhirnya kita akan merasakan suhu di luar akan terasa semakin panas. Rasa dahaga juga akan cenderung lebih mudah muncul jika kita mengkonsumsi minuman yang dingin.

Pakar kesehatan lainnya dari Sydney University bernama Christopher Gordon menyebutkan jika dengan mengkonsumsi minuman panas saat cuaca sedang panas, kita akan membuat produksi keringat meningkat dengan signifikan. Sebagaimana diketahui, keringat adalah mekanisme alami untuk membuat suhu tubuh kita mendingin. Hal ini berarti, kita pun akan merasa lebih dingin dari sebelumnya.

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita mulai mengubah kebiasaan kita mengkonsumsi minuman dingin di saat cuaca yang sangat panas. Meskipun terlihat aneh, konsumsi minuman panas justru akan membuat rasa dahaga kita segera menghilang dan kita pun akan merasa lebih dingin dari sebelumnya.

Baca Juga:  Mitos Olahraga Penyebab Kemandulan