Mengapa Saat Bertemu Idola Seperti Taeyeon SNSD, Fans Bisa Menjadi Agresif?

DokterSehat.Com– Belakangan ini dunia hiburan Indonesia tercoreng oleh keluhan megabintang KPop bernama Taeyeon dari girlband SNSD saat tiba di bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Saat baru tiba dari perjalanan panjang, Taeyeon memang mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para penggemarnya. Sayangnya, penggemar ini melakukannya dengan berlebihan sehingga membuatnya terjatuh dan akhirnya menangis ketakutan. Sebenarnya, apa penyebab dari agresifnya para penggemar saat bertemu dengan idolanya seperti yang dialami Taeyeon ini?



Pakar kesehatan psikologi klinis bernama Anna Dauhan dari Tiga Generasi menyebutkan bahwa agresifnya para penggemar saat bertemu artis idola disebabkan oleh semangat mereka yang begitu tinggi. Memang, tidak ada maksud untuk menyakiti idolanya, sayangnya, karena kesempatan untuk bertemu atau melihat secara langsung ini memang sangat langka, mereka pun akhirnya mengalami ledakan emosi yang sangat intens sehingga membuat mereka memiliki keinginan berlebih untuk mendekati, menyentuh, bersalaman, atau bahkan memeluk idolanya. Karena semua penggemar memiliki keinginan ini, jadilah para fans ini berdesak-desakan, tidak bisa tertib, dan bertingkah laku cenderung brutal. Dalam kasus lain, semangat dari para penggemar ini bahkan bisa membuat mereka menangis atau jatuh pingsan. Hal ini disebabkan oleh mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan reaksi emosi agar tidak terlalu berlebihan.

Adanya reaksi yang berlebihan dalam melihat atau menemui artis idola seperti Taeyeon dari SNSD ini juga disebabkan oleh kecenderungan para penggemar untuk melihat sisi positif dari idolanya saja. Hal ini membuat mereka menganggap para idola ini seakan-akan memiliki kekuatan atau kualitas yang jauh lebih baik dari orang biasa. Karena alasan inilah mereka memiliki semangat yang sangat berlebihan saat menyambut idolanya.

Jika anda memiliki idola dan memiliki kesempatan untuk bertemu dengannya, ada baiknya jangan berlaku dengan berlebihan agar sang idola juga tidak ketakutan dengan tingkah polah dari penggemarnya.