Mengapa Puting Bisa Lecet Karena Menyusui

DokterSehat.Com – Kelahiran bayi adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Kehadiran buah hati juga membuat pasangan ini ingin memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang bayi. Memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati tentu adalah salah satu cara terbaik dalam membuat bayi dalam kondisi kesehatan dan perkembangan yang baik. Hanya saja, menyusui bayi juga tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak ibu menyusui yang mengeluhkan masalah puting lecet saat menyusui sehingga aktifitas menyusui bayi pun berubah menjadi aktifitas yang kurang nyaman dan bahkan menyakitkan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-menyusui-kehamilan

Lecet karena menyusui biasanya disebabkan karena bayi menghisap puting ibunya terlalu kuat sehingga puting pun mengalami luka atau lecet-lecet. Yang menjadi masalah adalah, lecet ini bisa memicu infeksi dan juga masalah lain layaknya rasa nyeri, pembengkakan puting, hingga masalah kulit kemerahan di sekitar puting dan payudara. Ibu hamil juga bisa mengalami demam jika masalah lecet pada puting ini tidak ditanganni dengan benar.

Posisi menyusui dengan teknik yang tidak tepat biasanya menjadi masalah paling umum mengapa puting payudara bisa lecet. Jika mulut bayi tidak menghisap keseluruhan puting hingga areola dan menggigiti area pangkal dan ujung putingnya saja, maka resiko lecet pun bisa terjadi. Kita bisa bertanya ke bidan atau dokter terdekat untuk mendapatkan teknik menyusui yang bebas dari lecet.

Jika anda adalah ibu hamil yang mengusahakan ASIP atau Air Susu Ibu Perahan yang bisa dikonsumsi bayi dengan botol susu, maka anda juga harus berhati-hati saat menggunakan pompa payudara untuk memompa ASI, jika kita tidak melakukan teknik yang benar, bisa jadi puting juga mengalami luka dan lecet-lecet.

Baca Juga:  Internet Tingkatkan Kemampuan Otak

Jika mulut atau lidah bayi juga mengalami sariawan atau bercak putih, maka masalah ini pun bisa menular ke puting payudara. Puting bisa menjadi nyeri dan lecet-lecet karena masalah ini. Biasanya, puting akan mengalami rasa gatal dan kemerah-merahan jika tertular sariawan atau masalah bercak putih pada lidah bayi. Disamping teknik menyusui atau memompa payudara, ternyata kita juga harus memperhatikan kondisi kesehatan bayi sehingga masalah puting lecet-lecet pun bisa dicegah dan kita bisa memberikan ASI secara maksimal kepada buah hati.