Mengapa Punggung Nyeri Selama Masa Kehamilan?

DokterSehat.Com – Selama masa kehamilan, ibu hamil tentu akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat signifikan, dan biasanya cenderung lebih gemuk dari biasanya. Kita bisa melihat bahwa ibu hamil, khususnya yang memasuki trimester terakhir akan memiliki bentuk dan berat badan yang cukup besar. Perubahan bentuk tubuh ini dan disertai dengan adanya perubahan hormon tubuh ternyata bisa menyebabkan rasa nyeri pada punggung ibu hamil. Saat trimester ketiga, bayi di dalam rahim akan mencapai bentuk tubuh yang maksimum dan siap untuk dilahirkan dan tubuh ibu hamil pun sudah bersiap diri untuk proses kelahiran. Apa sajakah penyebab rasa nyeri yang terjadi pada ibu hamil?

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Secara kasat mata, ibu hamil tentu terbebani dengan ukuran perut yang besar. Bayi yang ada di dalam rahim tentu membuat beban ibu hamil semakin besar sehingga otot punggung pun akan bekerja dengan lebih berat. Tekanan berat badan ibu hamil ditambah dengan beban pada rahim tentu akan membuat otot punggung terasa sakit. Selain itu, karena dalam trimester terakhir tubuh ibu hamil mempersiapkan diri untuk kelahiran, payudara ibu hamil juga cenderung membesar sehingga area leher, bahu, maupun punggung memiliki beban tambahan yang tentu akan menyebabkan rasa nyeri. Ibu hamil sendiri biasanya mengalami kenaikan berat badan hingga 25 persen dari bobot semula sehingga otot punggung tentu akan mengalami kenaikan beban yang harus ditopang secara signifikan.

Perawatan dan Cara Mengurangi Nyeri
Ibu hamil yang mengalami nyeri punggung tidak perlu khawatir. Jika ibu hamil menjaga postur tubuh dengan baik, maka rasa nyeri pada punggung pun bisa berkurang. Sebagai contoh, ibu hamil harus tetap berdiri dan duduk dengan posisi tegak dengan punggung yang lurus. Selain itu, jangan paksakan diri untuk berdiri atau duduk di waktu yang lama sehingga otot punggung tidak terbebani terlalu lama. Saat tidur, ibu hamil bisa tidur dengan posisi menyamping sehingga otot punggung pun menjadi rileks selama istirahat.

Baca Juga:  Waktu Yang Tepat Untuk Hubungan Suami Istri Saat Hamil

Saat berjalan, ibu hamil juga sebaiknya memakai alas kaki yang mampu membuat berat badan terbagi dengan merata dan sebaiknya tidak memakai alas kaki berhak tinggi yang berbahaya. Gunakan sepatu dengan tumit datar namun rendah sehingga berjalan pun tidak terlalu sulit. Jika nyeri punggung sangat terasa, ibu hamil bisa mengkompresnya dengan air hangat dan air dingin secara bergantian hingga rasa nyeri tersebut mereda.