Mengapa Pria Suka Menggaruk Organ Intimnya?

DokterSehat.Com – Ada sebuah ciri khas pria yang cukup sering dilakukan, yakni kebiasaan mereka untuk menggaruk atau menyentuh organ intimnya. Berbeda dengan kaum wanita, banyak pria yang bahkan tanpa ragu menggaruk atau menyentuh organ intimnya di depan umum dan menganggap hal ini sebagai hal yang biasa saja. Sebenarnya, apakah ada alasan khusus mengapa pria cenderung suka menggaruk organ intimnya?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Karena gatal
Pakar kesehatan menyebutkan jika dibandingkan dengan kaum wanita, pria cenderung tidak terlalu memperhatikan kesehatan organ vitalnya. Asalkan sudah mandi dua kali sehari, maka area organ vitalnya sudah dianggap bersih dan sehat. Bahkan, banyak pria yang tidak mengeringkan area organ vital dengan baik setelah mandi sehingga area tersebut menjadi lebih lembab dan mudah menimbulkan gatal-gatal. Jadi jangan heran jika area organ vital pria cenderung mudah gatal dan kerap digaruk.

Posisi penis tidak pas
Selain gatal, alasan posisi penis yang tidak pas atau yang lebih ekstrim adalah bulu kemaluan yang tersangkut pada celana dalam tentu akan membuat pria menjadi lebih sering menggaruk atau menyentuh organ vitalnya. Mereka merasakan ketidaknyamanan pada organ vitalnya sehingga sebisa mungkin berusaha menggeser atau mengubah posisi penis agar menjadi lebih nyaman.

Cuaca dingin
Tahukah anda jika pria berada di area yang jauh lebih dingin, akan ada kecenderungan untuk menyentuh penisnya dan menghangatkan bagian penis tersebut. Mereka merasa area organ intim tidak nyaman dengan suhu dingin sehingga kerap menyentuhnya.

Stres
Tanpa disadari, banyak pria yang mengalami stres akhirnya menggaruk atau menyentuh area organ intimnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini secara alami dilakukan oleh tubuh agar melepaskan oksitosin yang bisa membuat pria lebih tenang dan menurunkan stres.