Mengapa Pria Langsung Tidur Setelah Berhubungan?

DokterSehat.Com – Bagi suami istri, hubungan intim lebih dari sekadar pemuas nafsu biologis saja. Dengan berhubungan intim, suami dan istri bisa membangun hubungan batin yang lebih erat. Berhubungan intim biasanya diselingin dengan rayuan, pujian, dan juga obrolan mesra yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah hubungan intim dilakukan. Sayangnya, banyak wanita yang mengeluhkan pasangannya yang cenderung langsung tertidur setelah berhubungan intim. Wanita biasanya ingin bermesraan dan bermanja-manja dengan pasangannya setelah berhubungan intim. Mengapa hal ini bisa terjadi?

shutterstock_220201102 copy

Banyak pria yang beralasan bahwa tubuh dan psikologis mereka cenderung lelah setelah “bekerja keras” setelah berhubungan intim. Hanya saja, kelelahan ternyata tidak menjadi penyebab utama hal ini. Beberapa pakar kesehatan menyebut bahwa secara alamiah tubuh pria ternyata bisa membuat rasa kantuk yang sangat kuat setelah berhubungan intim karena adanya peningkatan kadar hormon prolaktin, sebuah hormon yang naik dengan sangat signifikan setelah pria merasakan ejakulasi. Hormon prolaktin ini sendiri akan langsung menekan dopamin dan juga neurotransmitter pada tubuh sehingga pria pun cenderung akan merasakan rasa kantuk yang sangat kuat. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah hanya tubuh pria kondisi ini terjadi?

Wanita ternyata tidak mengalami masalah peningkatan hormon prolaktin yang berlebihan setelah selesai berhubungan badan. Memang, ada peningkatan kadar hormon, namun jumlahnya tidak akan cukup untuk membuat rasa kantuk pada wanita. Selain hormon prolaktin ini, pria juga akan melepas hormon oksitosin atau yang kerap disebut sebagai hormon bahagia saat berhubungan intim sehingga pria cenderung melupakan semua rasa stress dan pikiran pun sangat rileks sehingga tubuh pun mudah untuk tertidur. Apalagi jika hubungan intim dilakukan di tempat tidur yang telah dianggap otak sebagai tempat paling ideal untuk beristirahat.

Baca Juga:  Manfaat Kolagen bagi Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga hubungan yang tetap harmonis diantara suami istri, pria memang harus sedikit bekerja lebih keras dengan mencoba menahan kantuk setelah berhubungan intim. Tak ada salahnya untuk bercanda atau berbincang-bincang dengan pasangan setelah berhubungan intim karena istri akan merasa lebih dihargai. Setelah sedikit berbincang-bincang, pria pun bisa tidur dengan nyenyak tanpa membuat pasangannya kecewa.