Mengapa Pria Juga Bisa Beresiko Terkena Kanker Payudara?

DokterSehat.Com– Kanker payudara dianggap identik sebagai penyakit yang berbahaya dan sangat mematikan bagi wanita. Padahal, pria juga memiliki resiko terkena penyakit ini. Memang, kasus kanker payudara pada pria termasuk cukup jarang ditemukan, yakni hanya 1 persen saja dari kasus kanker payudara secara keseluruhan. Selain itu, kanker payudara juga seringkali ditemukan pada pria yang sudah berusia 60 hingga 70 tahun. Sebenarnya, mengapa pria juga bisa terkena penyakit kanker payudara ini?

doktersehat-breast-cancer-man-galaktore-payudara

Pria kerap terpapar radiasi
Pakar kesehatan menyebutkan jika andai seorang pria pernah melakukan terapi radiasi yang sebenarnya ditujukan untuk mengobati kanker lainnya di daerah dada, maka Ia juga akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara di kemudian hari.

Memiliki kondisi hiperestrogen
Secara alami, pria memiliki kadar hormon estrogen yang jauh lebih rendah pada tubuhnya jika dibandingkan dengan yang dimiliki pada tubuh wanita. Sayangnya, jika pria mengalami kondisi hiperestrogen, maka tubuhnya akan mengalami kenaikan kadar hormon estrogen dan membuatnya lebih beresiko terkena kanker payudara. Biasanya, hal ini berkaitan dengan penyakit layaknya sindrom klinefelter, sirosis, hati, kegemukan, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Terkena sindrom klinefelter
Sindrom klinefelter adalah sebuah masalah kesehatan yang disebabkan oleh faktor keturunan. Sindrom ini bisa menyerang 1 dari 1.000 pria. Pria yang memiliki sindrom klinefelter akan memiliki kromosom X perempuan ekstra sehingga tubuhnya pun memproduksi hormon estrogen lebih tinggi dari pria-pria pada umumnya. Kondisi ini membuat pria memiliki payudara dan tidak mampu memproduksi sperma. Sayangnya, hal ini juga bisa membuat mereka meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Terkena sirosis hati
Sirosis hati akan membuat proses distribusi hormon estrogen terganggu dan hal ini akan memicu peningkatan resiko kanker payudara

Baca Juga:  Kubis, Sayuran Sehat yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Faktor keturunan
Beberapa pria yang memiliki saudara wanita dengan kanker payudara juga akan memiliki resiko besar terkena penyakit mematikan ini.