Mengapa Pria Gemuk Juga Cenderung Berperut Buncit?

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia, banyak pria yang akhirnya mengalami kenaikan berat badan dengan signifikan. Namun, alih-alih mengalami perubahan bentuk tubuh secara menyeluruh, pria yang gemuk justru cenderung berperut buncit. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-gendut-perut-buncit

Pakar kesehatan dr. Zhaoping Li yang berasal dari Center for Human Nutrition, University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, memiliki jawaban mengapa perut pria cenderung membuncit tatkala berat badannya naik. Menurut dr. Li, hal ini terjadi karena pada tubuh pria, tempat penyimpanan lemak utamanya memang ada di dalam perut. Hal ini sangatlah berbeda dengan yang terjadi pada tubuh wanita. Adanya hormon estrogen pada tubuh wanita membuatnya mampu menyimpan lemak pada bagian tubuh lain layaknya pinggang atau paha. Yang menarik adalah, penyimpanan lemak pada tubuh wanita ini bisa sangat berguna sebagai energi tambahan saat wanita sedang dalam fase hamil atau menyusui.

Banyak pria yang mengalami masalah kegemukan dan perut membuncit disebabkan karena malas berolahraga dan menerapkan pola makan yang tidak sehat. Andai hal ini dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan tempat penyimpanan lemak pada perut akan habis dan lemak ini akan disimpan pada berbagai organ lain layaknya otot-otot, liver, hingga pankreas. Andai hal ini dibarkan, maka pria pun akan beresiko tinggi terkena masalah kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Lantas, apakah pria yang tidak memiliki masalah perut buncit akan terbebas dari resiko berbagai penyakit berbahaya tersebut? Belum tentu. Bisa saja mereka menyimpan lemak pada beberapa organ lain karena gaya hidup yang buruk. Sebagai contoh, pecinta minuman alkohol beresiko tinggi terkena perlemakan hati yang berbahaya.

Beruntung, andai pria akhirnya mulai rutin berolahraga, maka bagian pertama yang akan mendapatkan manfaat kesehatan adalah perut dan masalah perut buncit ini pun biasanya akan segera bisa diatasi.