Mengapa Pria Cenderung Tidak Mudah Berkeriput Layaknya Wanita?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang di Indonesia dimana setelah menikah, wanita akan cenderung lebih cepat terlihat tua jika dibandingkan dengan pria. Hal inilah yang membuat banyak pria yang cenderung memilih pasangan yang berusia lebih muda darinya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada perbedaan jelas dalam hal keriput yang terjadi pada pria maupun wanita yang membuat wanita memang cenderung lebih mudah terlihat lebih cepat tua daripada pria. Seperti apakah perbedaanya?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Pakar kesehatan kulit, rambut, dan juga bedah laser khusus pria yang berasal dari Washington, D.C, Amerika Serikat, bernama Terrence Keaney, menyebutkan jika perbedaan keriput pada pria dan wanita ternyata cukup signifikan dimana sebagian besar pria hanya mengalami keriput pada area sekitar dahi dan sebagian besar wanita bisa mengalami keriput pada hampir seluruh bagian muka. Akan sangat jarang menemukan pria yang mengalami keriput pada bibir atau sekitar bawah mata yang kerap menjadi momok bagi banyak wanita.

Menurut Keaney, perbedaan jenis kelamin ternyata membuat adanya perbedaan struktur tulang tengkorak di sekitar mata dan hal ini ternyata ikut berperan besar pada perbedaan karakteristik penuaan pada pria dan wanita. Selain perbedaan struktur tulang tengkorak, adanya kumis dan jenggot pada sekitar mulut dan dagu pria ternyata juga ikut mempengaruhi perbedaan perkembangan keriput pada pria dan wanita.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan fakta dimana pria ternyata memiliki kelenjar sebaceous yang terdapat di sekitar mulut. Adanya kelenjar ini ternyata membuat kulit muka pria cenderung lebih tebal dibandingkan dengan wanita dan lebih tahan lama dalam melawan berbagai perubahan. Selain itu, kecenderungan pria yang hampir tidak pernah terpapar kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia ternyata juga ikut menyebabkan pria cenderung tidak mudah berkeriput layaknya kaum wanita.