Mengapa Pria Cenderung Lebih Mudah Terangsang Jika Dibandingkan Dengan Wanita?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika kaum pria memiliki ketertarikan seksual yang jauh lebih besar daripada wanita. Fakta ini bahkan dikuatkan dengan adanya hasil penelitian terbaru yang diterbitkan oleh University of Texas di Amerika Serikat dimana pria ternyata memang lebih mudah terangsang dan tertarik pada apapun yang berbau dengan seksualitas. Sebagai contoh, pria akan cenderung  lebih sulit menolak dan mengendalikan keinginannya untuk melihat beberapa gambar yang menunjukkan wanita dengan penampilan yang menarik secara seksual. Bahkan, dari penelitian ini ditemukan fakta jika kaum pria akan sangat sulit untuk menolak wanita yang sangat menarik hingga empat kali lipat daripada wanita untuk menolak pria yang menarik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pasangan-hubungan-intim

Pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini bernama Paul Eastwick mengungkapkan jika pria yang cenderung lebih mudah terangsang bisa jadi disebabkan oleh adanya evolusi manusia. Sebagaimana kita ketahui, wanita yang mengalami kehamilan dan bertanggung jawab akan adanya keturunan tentu akan cenderung lebih selektif untuk memilih pria mana yang bisa mereka percaya untuk mengurus hal ini. Karena adanya hal ini, wanita pun mengembangkan pola pikirnya sejak dulu agar tidak mudah tertarik pada apapun yang terliha tertarik secara seksualitas sebelum mereka bisa mempercayainya.

Dari penelitian ini juga terungkap bahwa jika dibandingkan dengan pria, obyek-obyek yang terlihat menarik secara seksual bagi kaum pria ternyata ditangkap otak pria sebagai sebuah sarana hiburan. Bahkan, andai seorang pria memiliki kadar testosteron yang cukup rendah, Ia masih memiliki keinginan tinggi untuk berhubungan intim dengan wanita jika memungkinkan.

Pakar kesehatan lainnya bernama dr Agnes Tineke dari RSJ Dharmawangsa juga mengungkapkan bahwa secara biologis dimana struktur pada beberapa area otak pria memang menunjukkan jika pria akan lebih mudah terangsang. Area yang disebut sebagai nukleys suprakiasmatikus pada hipotalamus otak pria memang lebih besar ukurannya daripada wanita sehingga dorongan seksual yang dimiliki pria pun cenderung lebih besar.