Mengapa Pori-Pori Bisa Membesar?

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang masalah kulit pada wajah, kita tentu akan sering berpikir tentang masalah jerawat, flek hitam, hingga semakin gelapnya kulit. Selain ketiga masalah di atas, pori-pori kulit wajah yang semakin membesar juga bisa memberikan masalah besar bagi kulit wajah. Dengan pori-pori kulit yang membesar, maka kulit pun menjadi lebih mudah terekspos berbagai kotoran dan bakteri sehingga bisa menimbulkan masalah layaknya komedo atau jerawat yang tentu bisa menurunkan rasa percaya diri dengan sangat signifikan. Apa sajakah penyebab masalah kulit yang memiliki sebutan medis bernama porexia ini?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Pubertas dan Pengaruh Perkembangan Tubuh
Masa remaja adalah masa dimana manusia ingin tahu tentang banyak hal karena mengalami begitu banyak perubahan pada tubuh. Di masa ini, manusia mengalami fase transisi dari anak-anak untuk menuju orang dewasa. Transisi ini juga membuat kulit wajah mengalami perubahan, khususnya dalam membuat pori-pori kulit semakin membesar. Kelenjar sebaceous dalam kulit biasanya akan membesar pada usia remaja dan jika kulit wajah tidak dirawat dengan baik, maka pori-pori kulit pun membesar dan sulit untuk dikecilkan kembali. Kondisi ini bahkan sering kali diperparah dengan kebiasaan anak remaja yang ingin mencoba memakai make-up. Kombinasi pori-pori yang membesar dengan kulit wajah yang kotor serta make-up yang belum tentu cocok dengan kulit tentu akan membuat masalah pori-pori besar menjadi semakin parah. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa anak remaja cenderung mudah berjerawat, memiliki kulit wajah yang berminyak dan kusam, serta memiliki pori-pori yang besar.

Pengaruh Pembersih dan Cara Membersihkan Wajah
Banyak orang yang berpikir jika mereka telah mencoba untuk membersihkan kulit wajah dengan benar. Sayangnya, banyak orang yang masih membersihkan wajah dengan sabun yang ternyata tidak cocok dengan kondisi kulit dan pori-pori wajah. Sebagai contoh, pembersih wajah yang disertai dengan scrub tentu akan membuat masalah besar bagi pemilik wajah berjerawat dan berminyak. Gunakanlah sabun yang dilengkapi dengan susu pembersih dan kemudian kita bisa memakai toner yang mampu membersihkan sel kulit mati dan juga kotoran. Selain sabun dan cara pembersihan kulit wajah, banyak orang yang salah memilih perawatan kulit wajah atau facial sehingga yang terjadi adalah banyak bekas jerawat yang menjadi bopeng dan pori-pori juga semakin membesar yang tentu saja akan membuat tampilan wajah menjadi jauh lebih tidak baik.