Mengapa Pintu Toilet Umum Masih Terbuka di Bagian Bawah?

DokterSehat.Com– Jika kita pergi ke tempat-tempat umum layaknya pusat perbelanjaan atau bandara, kita tentu kerap heran saat melihat pintu toilet yang tidak benar-benar penuh dan biasanya masih terbuka di bagian bawah. Bagi masyarakat Indonesia yang menganggap toilet sebagai tempat yang pribadi, hal ini tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman untuk menggunakannya. Sebenarnya apa alasan dari penggunaan pintu toilet umum yang masih terbuka ini?

doktersehat-pintu-toilet

Mudah untuk dibersihkan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tujuan utama dari penggunaan pintu toilet ini ternyata adalah agar petugas kebersihan tidak perlu repot-repot untuk membersihkannya. Mereka tinggal dengan mudah menyiramkan air atau sabun ke dalam lantai toilet tanpa perlu repot-repot membuka-tutup pintu dan bisa segera melakukannya dari bawah pintu. Tak hanya itu, desain pintu toilet ini ternyata memungkinkan air untuk lebih mudah masuk ke saluran pembuangan dan membuat lantai menjadi lebih cepat kering.

Menjaga sirkulasi udara
Penggunaan toilet untuk buang air, baik itu buang air kecil atau buang air besar, tentu saja akan membuat toilet ini lebih mudah berbau tidak sedap. Mengingat cukup banyak orang yang menggunakan toilet umum, maka tentu akan menjadi masalah besar jika toilet ini dibuat dalam ruangan tertutup yang tentu akan membuat sirkulasi udara tidak lancar sehingga baunya pun akan sangat tidak sedap. Dengan desain pintu yang lebih terbuka, sirkulasi udara lebih lancar dan baunya pun tidak begitu terasa.

Membuat seseorang lebih cepat menyelesaikan urusannya di toilet
Dengan desain yang terbuka, kita tentu tidak enak jika akan menggunakannya lama-lama. Dengan segera menuntaskan urusan di toilet, maka antrian orang yang menggunakannya pun menjadi tidak terlalu banyak.

Memudahkan untuk mengecek apakah ada orang yang memakai toilet atau tidak
Desain pintu toilet umum yang terbuka ini tentu akan memudahkan kita melihat apakah toilet digunakan atau tidak tanpa perlu mengetuk toilet tersebut.

Mudah menolong orang yang mengalami masalah kesehatan
Kadangkala ada orang yang pingsan atau tidak sadarkan diri di toilet. Dengan desain pintu yang terbuka, kita tentu akan lebih mudah menolongnya dengan cepat dan memberikan bantuan medis.