Mengapa Perut Mudah Kembali Lapar Meski Sudah Sarapan Setelah Bangun Pagi?

DokterSehat.Com – Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat dimana jika kita bangun lebih pagi dari biasanya dan kemudian mengkonsumsi sarapan pagi, maka kita cenderung lebih mudah lapar kembali dan tertarik untuk makan lagi atau mengkonsumsi camilan. Apakah bangun pagi memang mempengaruhi datangnya rasa lapar kembali tersebut?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Pakar kesehatan menyebutkan jika bangun pagi ternyata tidak mempengaruhi datangnya rasa lapar kembali. Alih-alih menyalahkan bangun pagi, ada baiknya kita memperhatikan apa yang kita konsumsi saat sarapan. Seringkali, sarapan yang kurang sehat menjadi penyebab utama mengapa kita mudah kembali merasa lapar sebelum waktu makan siang tiba.

Banyak masyarakat yang hanya memperhatikan rasa kenyang saat sarapan pagi sehingga pada akhirnya mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan gula alih-alih menjaga asupan gizi yang seimbang. Padahal, hal ini akan membuat kita lebih mudah lapar kembali. Sarapan yang tidak sehat juga akan membuat kita cenderung lebih tertarik mengkonsumsi makanan yang tidak sehat saat makan siang dan makan malam. Tak hanya karbohidrat dan protein, pastikan untuk menjaga asupan serat dari sayur atau buah saat sarapan agar kita mendapatkan asupan gizi yang seimbang sekaligus menyediakan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas seharian.

Penyebab lain dari munculnya rasa lapar di pagi hari meskipun kita sudah sarapan pagi adalah tidak mengkonsumsi air minum dengan cukup. Kadangkala tubuh tidak bisa membedakan rasa lapar dan rasa haus yang disebabkan oleh kurang minum. Pastikan untuk mengkonsumsi segelas air minum sebelum makan dan meminum air minum lagi setelahnya.

Jika perut sudah terlanjur lapar meski sudah sarapan, apakah tidak apa-apa jika makan lagi atau ngemil? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air namun tidak memiliki kadar kalori di atas 200. Buah-buahan pun bisa kita jadikan solusi andai kita merasa lapar sebelum jam makan siang tiba.