Mengapa Penis Pria Cenderung Bangun di Pagi Hari?

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah kebiasaan yang sangat normal dialami oleh kaum pria, namun belum benar-benar dimengerti penyebabnya oleh sebagian besar orang, khususnya kaum wanita, yakni saat pagi hari, penis pria cenderung akan “bangun” dan tegang. Uniknya, karena hal ini dianggap sebagai hal yang normal, banyak pria yang enggan mencari tahu apa sebabnya. Memang, ada anggapan bahwa penis sedang dalam kondisi penuh dengan air seni yang seharusnya segera dibuang setelah bangun tidur menjadi penyebabnya. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada penyebab tersendiri mengapa penis bisa mengalami ereksi di pagi hari. Berikut adalah penjelasannya.

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Baik pria dalam usia anak-anak, remaja, hingga dewasa tentu akan cukup terbiasa dengan berdirinya penis saat pagi hari, khususnya saat bangun pagi. Pakar kesehatan ini sendiri dalam dunia medis disebut sebagai pembersaran penis nocturnal atau NPT. Alih-alih berkaitan dengan volume urine yang memang meningkat saat bangun tidur, pakar kesehatan justru menyebutkan jika ereksi pada penis ini berkaitan erat dengan siklus tidur dimana ereksi ini akan terjadi secara normal pada pria dan bahkan bisa terjadi beberapa kali semasa waktu tidur, termasuk diantaranya adalah saat bangun tidur. Seringkali, ereksi ini terjadi saat pria mengalami level tidur R.E.M atau sedang bermimpi. Karena kondisi inilah banyak aliran darah yang mengalir menuju penis dan menyebabkan ereksi.

Meningkatnya aliran darah menuju penis ini sendiri dipicu oleh kondisi dalam tubuh dimana kadar norepinefrin sedang dalam kondisi yang sangat rendah. Sebagaimana diketahui, norepinefrin sendiri adalah semacam neurotransmitter yang memiliki fungsi utama mengendalikan ereksi, khususnya jika ada rangsangan-rangsangan tertentu.

Dengan adanya fakta ini, pria yang justru mendapati penisnya mengalami ereksi di pagi hari justru harus merasa lega karena hal ini menandakan jika fungsi tubuhnya masih berjalan dengan normal. Bagi kaum hawa sendiri, khususnya yang sudah bersuami, sebaiknya juga menganggap ini sebagai hal yang memang normal bagi kaum pria.