Mengapa Penderita Kanker Payudara Cenderung Berbau?

DokterSehat.Com – Banyak penderita kanker payudara yang tidak mendeteksi masalah kanker payudara sejak dini sehingga masalah kanker payudara pun bisa berkembang menjadi masalah yang sudah cukup parah tanpa adanya penanganan medis yang cukup. Uniknya, masalah kanker payudara juga bisa memberikan efek buruk bagi bau badan yang sangat menyengat, khususnya jika kanker payudara menyebabkan luka. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-serangan-jantung-tes-darah-bahaya

Pakar kesehatan menjelaskan jika sel kanker memang bisa menjalar dan berkembang semakin besar mengingat sel kanker memiliki enzim yang disebut dengan protease. Enzim protease ini bisa ditemukan pada dinding sel dan bisa memakan protein yang banyak tersedia pada dada. Sel kanker sendiri dikenal luas bisa menyebar atau berkembang ke arah samping dengan cukup cepat. Perkembangan sel kanker yang sangat pesat ini menyebabkan masalah sendiri bagi kondisi kanker. Enzim protease ini berada di sisi atau dinding-dinding tepi sel kanker untuk memakan banyak sekali protein. Namun, bagian tengah sel kanker sering kali tidak lagi mendapatkan protein yang bisa dicerna sehingga pada akhirnya mati. Sel-sel atau jaringan yang sudah mati inilah yang membuat penderita kanker payudara mengeluarkan bau menyengat dan tidak sedap.

Selain karena matinya jaringan pada sel kanker ini, muncul pula sejenis kuman yang bisa hidup tanpa membutuhkan oksigen yang disebut anaerob. Kuman ini bisa berkembang dengan pesat pada jaringan payudara yang sudah mati sehingga bau yang dikeluarkan penderita kanker payudara bisa semakin tidak sedap dan bahkan bisa memicu kerusakan atau luka yang lebih besar pada payudara yang jika tidak ditangai dengan benar bisa memicu kematian.

Penyebaran sel kanker payudara sendiri tidak hanya terbatas pada area dada saja. Pakar kesehatan menyebutkan jika persebaran sel kanker ini bisa mencapai bagian otak, tulang, hingga paru-paru yang tentu bisa memicu resiko kematian lebih besar. Karena adanya dampak buruk kesehatan yang mengerikan inilah wanita harus rajin-rajin mengecek kondisi payudara mereka agar andai ada masalah kanker yang terdeteksi sejak dini, maka penyakit mengerikan ini bisa segera disembuhkan dengan penanganan yang tepat.