Mengapa Penderita Asam Lambung Bisa Mengalami Sesak Dada?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan pencernaan yang kerap terjadi pada siapa saja adalah naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Memang, ada kecenderungan penyakit ini akan menimpa mereka yang berusia lanjut. Namun, kita bisa dengan mudah menemukan mereka yang masih berusia muda juga kerap mengalami hal ini. Penyakit asam lambung yang menyerang para lansia biasanya disebabkan oleh perubahan pada organ lambung seiring dengan bertambahnya usia. Sebaliknya, mereka yang berusia muda kerap kali mengalami masalah asam lambung karena pola makan yang salah.

doktersehat-tanda-serangan-jantung

Pakar kesehatan dr. Adnan Yusuf menyebutkan jika tak hanya memberikan rasa tidak nyaman pada perut, penderita masalah asam lambung ternyata juga cenderung merasakan sesak pada dadanya dengan sensasi yang mirip layaknya sesak nafas. Beliau menjelaskan hal ini sebagai efek samping dari meningkatnya asam lambung hingga ke kerongkongan sehingga ikut memicu rasa sesak pada dada. Masalah naiknya asam lambung ini biasanya dimulai dari meningkatnya volume lambung akibat dari banyaknya gas hingga perut pun merasa kembung. Banyaknya gas pada lambung ini pada akhirnya akan membuat jantung dan paru-paru ikut tertekan sehingga kita pun akan merasakan sensasi sesak pada area dada.

Untuk meredakan asam lambung, kita bisa membeli obat yang bisa dengan mudah didapatkan di apotek terdekat. Namun, ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Sementara itu, untuk mencegah masalah asam lambung ini agar tidak terjadi, kita harus lebih baik dalam menjaga pola makan, khususnya dengan membatasi asupan makanan yang pedas, asam, hingga berkafein yang memang bisa memicu peningkatan asam lambung. Selain itu, biasakan pula untuk melakukan olahraga yang teratur dan menjaga pikiran agar tidak mudah terkena stress.